Rabu, 17 Maret 2021

Fungsi Iklan (skripsi dan tesis)


Selain beberapa tujuan di atas, iklan juga memiliki sejumlah fungsi, diantaranya adalah (Shimp, 2003:357): a. Informing (memberi informasi). Periklanan membuat konsumen sadar akan merk merk baru, mendidik merka tentang berbagai fitur dan manfaat merk, serta memfasilitasi penciptaan citra merk yang positif. b. Persuading (mempersuasi). Iklan yang efektif akan mampu mempersuasi (membujuk) pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan. c. Reminding (mengingatkan). Iklan menjaga agar merk perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen. d. Adding value (memberikan nilai tambah). Terdapat tiga cara mendasar di mana perusahaan bisa memberi nilai tambah bagi penawaran-penawaran mereka: inovasi, penyempurnaan kualitas, atau mengubah persepsi konsumen. d. Efek Iklan Efek sebuah iklan memberikan dasar untuk menilai sejauh mana keberhasilan iklan tersebut. Juga menghasilkan perasaan pemirsa dari melihat konten iklan yang disiarkan terus-menerus melalui media. Wang dkk, (2012) dalam Stephanie dkk (2013) mengatakan bahwa efek iklan didefinisikan sebagai iklan dan konsumen berkomunikasi untuk melakukan transaksi potensial melalui pesan iklan. 40 Metha (2002) dalam Stephanie dkk (2013) menggunakan campur tangan dan persuasi untuk mengukur efek iklan dan percaya bahwa iklan itu menghibur, informatif dan dipercaya dapat mendorong konsumen percaya akan iklan tersebut. Efek iklan menggambarkan pembeli dan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen serta reaksi akhir konsumen yang tercermin dalam perilaku pembelian. Stephanie (2013) juga mengatakan ada dua efek iklan, yaitu efek komunikasi (communication effect) dan efek penjualan (sales effect) yang keduaduanya dapat diteliti. Efek komunikasi berusaha mengetahui apakah iklan yang dibuat dapat berkomukasi secara efektif. Ada metode yang disebut copy testing, yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah ikan dipasang di media. Efek penjualan iklan biasanya lebih sukar diukur dibandingkan dengan efek komunikasi. Penjualan dipengaruhi banyak faktor disamping periklanan, seperti ciri produk, harga, ketersediaan dan kegiatan pesaing. Semakin sedikit atau semakin dapat dikendalikan faktor-faktor tersebut, semakin mudah untuk mengukur efek iklan terhadap penjualan. 

Efek penjualan paling mudah diukur pada situasi pemasaran langsung dan paling sukar diukur pada iklan untuk membangun citra merek atau perusahaan. Suatu iklan baik komersil maupun korporat dipublikasikan tentunya diharapkan untuk memiliki suatu pengaruh atau efek. Efek iklan menurut Hierarchy of effects’ steps (Stephanie dkk, 2013; Arens dkk, 2009): 1. The message (pesan) 2. Messages are sent / put unto effect (pesan disampaikan) 3. The messages are received (pesan diterima)  4. Understandings are taken from them (pesan mulai dimengerti) 5. The effects of these understandings on thought and attitude take place (pengaruh dari pengertian tersebut diimplementasikan melalui pemikiran dan sikap) 6. A change behaviour follows (ada perubahan sikap yang mengikuti). Iklan merupakan segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar. iklan dapat dimanfaatkan secara efektif untuk membangun citra jangka panjang produk maupun perusahaan dan juga dapat memicu pembelian segera. Iklan juga digunakan untuk mendidik dan membangun preferensi suatu merek. Iklan juga merupakan ajang kompetisi bagi tiap-tiap merek produk untuk menjatuhkan produk saingannya, dengan cara iklan yang menyerang produk pesaing dan menampilkan produk pesaing secara samar-samar dan memberitahukan kelemahannya. Selain itu, iklan juga menjadi sarana hiburan yang ditampilkan secara menarik dengan pemberian animasi dan penyampaian yang lucu (Arista & Triastuti, 2011).

 Lima keputusan yang harus diambil berdasarkan lima yang dianut dalam dunia periklanan, yaitu: (a) misi (mission) yaitu memberi informasi, mengajak, mengingatkan, dan mendorong untuk menjadikan keputusan pembelian; (b) pesan (message), yaitu pesan yang dibawa oleh iklan harus dapat mengkomunikasikan nilai lebih yang dimiliki suatu produk dengan menggunakan katakata maupun gambar. Iklan juga merupakan suatu media pencerita yang menceritakan kepada pembeli seperti apa produk tersebut; (c) media, yaitu Media yang dipilih 42 berdasarkan kemampuannya menggapai target pasar yang efektif tanpa mengabaikan segi biayanya. Media merupakan sarana terbaik menyalurkan iklan; (d) pendanaan (money) yaitu Biasanya anggaran iklan ditentukan oleh keputusan atas harga di tiap-tiap fungsi, jangkauan pemasaran, frekuensi dan dampak yang diinginkan. Anggaran ini harus juga memperhitungkan tagihan yang harus dibayar oleh perusahaan atas ongkos pembuatan iklan tersebut dan biaya-biaya lain. Namun iklan terbaik bukanlah iklan dengan biaya besar, tetapi iklan yang dapat mewakili perusahaan untuk memperkenalkan produk kepada calon pembeli; (e) tolak ukur (Measurement) yaitu Ukuran yang dimaksud disini adalah tolak ukur yang didapat setelah iklan tersebut dikampanyekan. Berhasilkah iklan tersebut atau malah memperburuk image brand produk tersebut. Hal tersebut nantinya akan dilihat dari kesuksesan penjualan produk dan tanggapan masyarakat mengenai produk berkaitan dengan iklan yang telah ditayangkan (Arista & Triastuti, 2011). Faktor yang mempengaruhi iklan dijelaskan sebagai berikut (Sulistiono, 2012): a. Kreativitas Iklan yaitu kreativitas iklan merupakan pandangan iklan kreatif yang berasal dari ide, orisinal, memiliki nilai artistik dan estetika serta mampu memenangkan penghargaan. Selain iklan kreatif adalah iklan yang mampu memberikan efek kepada audien. b. Endorser iklan yaitu memanfaatkan seorang artis, entertainer, atlet, dan publik figur yang mana banyak diketahui oleh orang banyak untuk keberhasilan dibidangnya masing-masing dari bidang yang didukung

 Kalimat Iklan Slogan Ekspresi Iklan Endersor Iklan Kretivitas iklan Iklan c. Ekspresi yaitu gerakan, mimik wajah, dan lain-lain yang diperagakan dalam menyampaikan pesan yang tertuang falam iklan. d. Slogan yaitu perkataan singkat namun mengarah pada karakteristik produk yang ada pada iklan e. Kalimat iklan yaitu percakapan atau perkataan yang dibuat dalam iklan agar tersampaikan tujuan dari iklan

Tidak ada komentar: