Rabu, 17 Maret 2021

Kepercayaan (Trustworthiness) (skripsi dan tesis)


Menurut Hoekman (2013;98) Kepercayaan dapat didefinisikan sebagai sejauh mana endorser yang dianggap dipercaya, jujur dan dapat diandalkan. Besar proporsi aspek ini, lebih tinggi akan kemungkinan endorser yang akan dipilih oleh pemasang iklan. Kepercayaan mengacu pada integritas dan kepercayaan dari endorser. Perusahaan mencoba untuk menemukan endorser yang secara luas dilihat sebagai amanah dan yang dianggap sebagai orang yang jujur, dapat dipercaya dan diandalkan Jika konsumen percaya Selebriti endorser dalam menyampaikan iklan, sikap konsumen pada produk dan iklan yang diperankannya akan meningkat, dan sebaliknya ketika seorang selebriti membawa aura negatif ke dalam berita, hal ini kepercayaan dari endorser tersebu juga akan berdampak negatif dalam mempengaruhi penjualan produk. Dampak kepercayaan pada persuasibilitas dari komunikasi. Hasil menunjukkan bahwa ketika komunikator dirasa menjadi sangat terpercaya oleh orang lain, suatu pesan menjadi lebih efektif dalam membangun sikap konsumen. Namun, ketika kepercayaan rendah, hubungan ini tidaklah penting. 21 Kepercayaan dalam studi empiris menunjukan terdapat pengaruh singnifikan terhadap sikap konsumen Sallam (2011; 103). Sedangkan Khan (2008;95) menyatakan jika kepercayaan yang dimiliki endorser juga mempunyai peran penting dalam mempengaruhi minat pembelian. Sedangkan indikator menurut Doney dan Cannon (1997;37) serta Liu dan Leach (2001; 152) dalam Paramitha ( 2010 ; 66 ) kepercayaan terhadap endorser mencakup : 1. Kemampuan pengetahuan produk (keahlian endorser) 2. Kemampuan menyediakan informasi 3. Kemampuan menyelesaikan masalah (keandalan endorser) 4. Interaksi berulang 5. Kepedulian endorser

Tidak ada komentar: