Selasa, 16 Maret 2021

Niat Beli Konsumen (skripsi dan tesis)


Niat beli merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan yang beruhubungan dengan pembelian yang  diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian (Bagozzi et al.,1979). Faktor yang mempengaruhi seseorang untuk membeli adalah motivasi, presepsi, pengetahuan, serta keyakinan dan pendirian yang dapat diperoleh seseorang melalui bertindak dan belajar. Niat beli adalah rencana sadar individu untuk upaya melakukan pembelian terhadap suatu merek. Menurut Atkin & Block (1983) menemukan bahwa dibandingkan dengan menggunakan non-celebrity endorser,celebrity endorser lebih banyak menghasilkan sikap positif terhadap periklanan dan niat membeli yang lebih besar. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa dengan dukungan celebrity endorser cenderung memiliki efek positif pada pada perilaku pembelian konsumen Goldsmith et al., (2000). Untuk sampai pada tahap pembelian, terdapat langkah-langkah proses pembelian dengan tahapan sebagai berikut (Kotler & Amstrong, 2000) : 1. Pengenalan masalah merupakan tahap dimana pembeli mengenali kebutuhan untuk membeli suatu produk. 2. Pencarian informasi, yaitu tahap konsumen mencari informasi untuk memperolah pengetahuan tentang barang yang dibutuhkan dari sumber yang didapatkan. 3. Evaluasi terhadap merek yang kompetitif, membuat penilaian akhir dan mengembangkan keyakinan tentang posisi merek tersebut. 4. Melalui evaluasi tersebut konsumen sampai pada sikap keputusan pembelian atas preferensi dari bermacam-macam merek.  5. Setelah pembelian, konsumen akan mengalami kepuasan dan ketidakpuasan, kemudian melakukan tindakan untuk mendapatkan perhatian dari pemasar.

Tidak ada komentar: