Rabu, 17 Maret 2021

Minat Pembelian (skripsi dan tesis)


Minat beli diperoleh dari suatu proses belajar dan proses pemikiran yang membentuk suatu persepsi. Minat yang muncul dalam melakukan pembelian menciptakan suatu motivasi yang terus terekam dalam benaknya dan menjadi suatu kegiatan yang sangat kuat yang pada akhirnya ketika seorang konsumen harus memenuhi kebutuhannya akan mengaktualisasikan apa yang ada didalam benaknya itu. Minat beli dapat diartikan bahwa keinginan seseorang untuk membeli suatu produk atau jasa yang diharapkan akan memperoleh manfaat dari produk atau jasa yang dibeli. Minat beli juga merupakan rasa keterlibatan yang dialami oleh konsumen terhadap suatu produk atau jasa yang dipengaruhi oleh sikap diluar konsumen itu sendiri. Nurmala (2011;37). 

 Dengan demikian, minat beli akan timbul saat dalam proses pengambilan keputusan. Menurut Ajay dan Goodstein yang dikutip oleh Yoestini dan Eva (2007;270) jika kita ingin mempengaruhi seseorang, maka cara yang terbaik adalah mempelajari apa yang dipikirkannya, dengan demikian yang akan didapatkan tidak hanya sekedar informasi tentang orang itu tentu lebih bagaimana proses informasi itu dapat berjalan dan bagaimana memanfaatkannya. Hal ini yang dinamakan “The Buying Process” (Proses Pembelian). 

Sedangkan Natalia (2008;45) menyimpulkan aspek-aspek dalam minat beli Produk juga meliputi: 1. Perhatian, adanya perhatian yang besar dari konsumen terhadap suatu produk (barang atau jasa). 2. Ketertarikan yang menunjukkan adanya pemusatan perhatian dan perasaan senang pada produk atau iklan. 3. Keinginan ditunjukkan dengan adanya dorongan untuk ingin memiliki. 4. Keyakinan ditunjukkan dengan adanya perasaan percaya diri individu terhadap kualitas, daya guna dan keuntungan dari produk yang akan dibeli. Sallam (2012;87) melakukan penelitian dengan hipotesis ada pengaruh positif antara Sikap konsumen terhadap Merek dan Purchase Intention (PI). Sedangkan melalui penelitian Rodriguez (2008;287) membuktikan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif terhadap Purchase Intention (minat pembelian)

Tidak ada komentar: