Jumat, 26 Maret 2021

Pengertian Brand / Merek (skripsi dan tesis)


Barang atau jasa yang kini beredar dipasaran, sangatlah
beragam. Mereka hadir dan meramaikan persaingan dengan tujuan
dan target masing – masing. Diperlukan identitas atau ciri khas,
yang bisa dijadikan pembeda. Sebab sekarang ini, banyak sekali
tiruan dihampir setiap kategori produk.
Menurut Ali Hasan (2013) merek disebut sebagai nama,
tanda, simbol, desain atau kombinasi dari hal – hal tersebut yang
berfungsi untuk mengidentifikasi produk dari sekelompok penjual,
sebagai pembeda dengan produk pesaing, menciptakan pengaruh
serta menghasilkan nilai bagi perusahaan. Sedikit berbeda dengan
Keller (2008) yang menyatakan bahwa merek lebih dari sekedar
diferensiasi suatu produk, karena lewat diferensiasi yang rasional
dan nyata sesuai performa barang atau jasa bisa membangun simbol
dan hubungan emosional tak kasat mata. Sedangkan menurut
Kotler (2012), merek ialah simbol rumit yang dapat menyampaikan
atribut, manfaat, nilai, budaya, kepribadian beserta pemakai produk
tersebut.
Berdasarkan definisi diatas maka dapat dijelaskan, bahwa
brand atau merek merupakan suatu simbol atau lambang yang bisa
mendeskripsikan dan mendiferensiasi suatu produk, sehingga
mudah dibedakan dengan produk pesaing serta memberikan nilai
tambah bagi pemakainya.

Tidak ada komentar: