Jumat, 26 Maret 2021

Indikator Store Atmostphere (skripsi dan tesis)


Elemen-elemen atmosphere dapat dioperasionalkan pada toko/kantin
disekolah menengah atas negeri sebagai obyek dalam penelitian ini. John. C
Mowen dan Michael Minor (2002:140) menyebutkan dimensi atmosphere
terdiri dari:
  1) Layout
Layout (tata letak) merupakan pengaturan secara fisik dan
penempatan barang dagangan, perlengkapan tetap. Bertujuan untuk
memberikan gerak pada konsumen, memperlihatkan barang dagangan
atau jasa, yang mampu menarik dan memaksimalkan penjualan.
Sebuah layout dapat bekerja dan mencapai tujuan yang dimaksud
apabila pesan-pesan yang akan disampaikan dapat dipahami oleh
pengunjung.
2) Suara
Suara merupakan keseluruhan musik yang dihadirkan, kehadiran
musik bagi usaha sangat penting karena dapat memberikan
peningkatan kualitas pelayanan dalam menyajikan pengalaman
belanja atau menikmati produk yang menyenangkan bagi para
pengunjung sehingga mampu mempengaruhi emosi pengunjung untuk
melakukan pembelian.
3) Bau
Banyak keputusan pembelian yang didasarkan pada emosi, dan bau
memiliki dampak besar pada emosi konsumen. Bau lebih dari indera
lainnya sebagai penentu perasaan gembira, kelaparan, enggan untuk
mengkonsumsi, dan nostalgia.
4) Tekstur
Tekstur adalah unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan
bahan, yang sengaja dibuat dan dihadirkan dalam susunan untuk
mencapai bentuk rupa, sebagai usaha untuk memberikan rasa tertentu
pada permukaan bidang, pada perwajahan bentuk, pada karya seni
rupa secara nyata atau semu. Dengan pengolahan tekstur atau bahan
yang baik, maka tata ruang luarnya akan menghasilkan kesan dan
kualitas ruang yang lebih menarik dan mampu mempengaruhi
pengunjung berkunjung dan melakukan pembelian.
5) Desain Bangunan
Desain selalu dikaitkan dengan seni atau keindahan, dimana
eksterior adalah cermin awal dari pengunjung ataupun penyewa dalam
beraktivitas di sebuah pusat perbelanjaan. Desain memiliki peran yang
sangat penting untuk menimbulkan kesan nyaman, baik untuk
penyewa atau pengunjung dalam beraktivitas.
Dalam penelitian ini yang dipakai sebagai indikator Store
Atmoshphere menggunakan dimensi menurut John. C Mowen dan
Michael Minor (2002:140) yaitu :
1. Layout
2. Suara
3. Bau
4. Tekstur
5. Desain bangunan

Tidak ada komentar: