Rabu, 17 Maret 2021

Daya Tarik (Attractiveness) (skripsi dan tesis)


Daya tarik (Attractiveness) adalah elemen-elemen yang terdapat dalam diri selebriti yang meliputi sejumlah karakteristik selebriti dan dapat dilihat khalayak dalam diri selebriti, seperti daya tarik fisik, kecerdasan, sifat kepribadian dan gaya hidup selebriti tersebut Heruwati (2010:26). Konsep daya tarik tidak hanya memerlukan daya tarik fisik saja. Akan tetapi daya tarik juga mencakup konsepkonsep seperti keterampilan intelektual, sifat kepribadian, dan cara hidup. Sebuah badan riset dalam periklanan dan komunikasi menyatakan bahwa daya tarik adalah suatu isyarat penting di dalam suatu pertimbangan awal yang dilakukan oleh orang.  Ada dua hal penting dalam penggunaan selebriti endorser jika dihubungkan dengan daya tarik, pertama adalah tingkat kesukaan audience terhadap selebriti (likeability). Yang kedua adalah tingkat kesamaan personality yang diinginkan oleh pengguna produk (similarity), dimana keduanya tidak dapat dipisahkan dan selalu berdampingan Royan (2004;77). Zafar and Rafique (2012;87) menyatakan juga daya tarik selebriti merupakan hal yang penting dalam menentukan efektivitas iklan sebagai akibat dari konsumen yang ingin menjadi seperti endorser dan ingin mengidentifikasi diri mereka dengan endorser. Daya tarik yang dimiliki endorser cenderung mempengaruhi sikap konsumen dari pada minat untuk melakukan pembelian. ditemukan bahwa daya tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen Sallam (2011;208), sementara studi lain Khan telah membuktikan dengan penelitiannya bahwa daya tarik berpengaruh terhadap minat pembelian. Indikator variabel dari daya tarik menurut Shimp (2003;468) Heruwati (2010;59) yaitu : 1. Tingkat disukai audience (likeability) 2. Tingkat kesamaan dengan personality yang diinginkan oleh pengguna produk (similarity) 3. Tingkat pengenalan dengan audience (familiarity)

Tidak ada komentar: