Jumat, 26 Maret 2021

Pengertian Komunikasi Pemasaran (skripsi dan tesis)

 
Komunikasi pemasaran adalah cara yang digunakan perusahaan
untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mengingatkan konsumen
baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai merek atau
produk yang mereka jual. Komunikasi pemasaran mewakili suara merek
adalah cara yang di gunakan untuk membangun dialog dan hubungan
dengan konsumen. Komunikasi pemasaran berhubungan dengan ekuitas
merek yaitu membangun merek dalam ingatan dan menciptakan citra
merek yang mencakup 6 komponen yaitu periklanan, promosi penjualan,
eventpublic relations dan publisitas, pemasaran langsung dan penjualan
personal (Kotler dan Keller, 2006:496).
Komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang ditujukan
untuk menyampaikan pesan kepada konsumen dan pelanggan dengan
menggunakan sejumlah media dan berbagai saluran yang dapat
dipergunakan dengan harapan terjadinya tiga tahap perubahan yaitu :
perubahan pengetahuan, perubahan sikap, dan perubahan tindakan yang
dikehendaki (Soemanegara, 2006:4).
John E Kennedy (2009:4) mendefenisikan bahwa “komunikasi
pemasaran adalah aplikasi komunikasi yang bertujuan untuk membantu
kegiatan pemasaran sebuah perusahaan”. Pemasaran merupakan bagian 
penting dari perusahaan. Dengan adanya pemasaran yang baik,
perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan baik. Bagi
segelintir orang, pemasaran hanya diartikan sebagai proses memasarkan
produk dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan.
Pemasaran juga dapat diartikan “sekumpulan rancangan kegiatan
yang saling terkait untuk mengenali kebutuhan konsumen dan
mengambangkan, mendistribusikan, mempromosikan, serta menetapkan
harga yang tepat dari sebuah produk dan layanan untuk mencapai
kepuasan dari konsumen yang bertujuan untuk menghasilkan
keuntungan”. (Kennedy, 2009:13).
Sedangkan menurut Morissan (2007:8) komunikasi pemasaran
“merupakan upaya untuk menjadikan seluruh kegiatan pemasaran dan
promosi perusahaan dapat menghasilkan citra atau image yang bersifat
satu dan konsisten bagi perusahaan”.
Dari pengertian-pengertian di atas penulis memahami bahwa
komunikasi pemasaran adalah seluruh kegiatan pemasaran yang
dilakukan melalui bauran pemasaran merek dalam upaya untuk
menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen mengenai
produk barang atau jasa dan merek yang mereka jual sehingga akan
menghasilkan citra atau image yang positif bagi perusahaan.
Dalam hal ini komunikasi pemasaran sangatlah diperlukan dalam
membentuk suatu citra merek yang positif bagi sebuah perusahaan.
Melalui seluruh kegiatan pemasaran dan promosi dari perusahaan yang
dikomunikasikan secara efektif akan menghasilkan citra merek yang
positif dalam benak konsumen terhadap perusahaan sehingga pada
akhirnya tujuan perusahaan akan tercapai.
Dalam prakteknya, proses pemasaran ini perlu dikelola atau diatur
oleh perusahaan agar menjadi mata rantai yang tidak pernah putus. Oleh
karena itu proses pemasaran ini perlu perencanaan, pelaksanaan dan juga
pengawasan agar berjalan sesuai keinginan perusahaan

Tidak ada komentar: