Selasa, 16 Maret 2021

Pengertian Endorser (skripsi dan tesis)

Endorser adalah orang yang terlibat dalam penyampaian pesan, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Jenis endorser menurut Terence A. Shimp yang diterjemahkan oleh Revyani Sahrial (2010:250) dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu: 1. Orang Biasa Orang biasa merupakan orang yang tidak berasal dari kalangan selebriti yang disebut juga sebagai non-selebriti yang menggunakan atau mendukung suatu produk. 2. Selebriti Selebriti adalah seorang tokoh yang dikenal oleh masyarakat dalam bidang yang berbeda-beda. 3. Para Ahli Para ahli adalah orang-orang yang pendapatnya tentang suatu produk menjadi patokan dan dituruti oleh orang-orang yang kurang tahu tentang produk tersebut. Biasanya mereka mempunyai peran yang penting dalam komunikasi dari mulut ke mulut. Menurut Herbert Kelman dalam Belch dan Belch (2012:180) dalam Belch & Belch, mengatakan jika atribut seorang endorser itu adalah: 1. Credibility Kredibilitas adalah tingkatan dimana konsumen melihat suatu sumber (endorser) memiliki pengetahuan, keahlian atau pengalaman yang relevan 37 dan endorser tersebut dapat dipercaya memberikan informasi yang objektif dan tidak bias. Seorang endorser yang memiliki keahlian dan dapat dipercaya akan lebih mudah melakukan persuasi dibandingkan dengan seorang endorser yang kurang memiliki keahlian dan tidak dapat dipercaya. Informasi yang berasal dari endorser yang tentunya kredibel mempengaruhi kepercayaan, pendapat, sikap, dan atau perilaku yang akan dilakukan melalui proses yang disebut internalisasi yang mana terjadi ketika penerima pesan menginternalisasikan pendapat atau sikap, maka sikap atau pendapat tersebut akan menjadi satu kedalam sistem kepercayaan si penerima pesan dan mungkin akan dipertahankan walaupun sumber dari pemberi pesan tersebut telah terlupakan. Kredibilitas memiliki dua dimensi penting yaitu: a) Expertise, yaitu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dari endorser itu sendiri. b) Trustworthiness, mengacu kepada kejujuran dan bisa dipercayanya seorang sumber. 2. Attractiveness Daya tarik seorang endorser itu meliputi: a) Similarity, merupakan persepsi khalayak berkenaan dengan kesamaan yang dimiliki dengan endorser. Kemiripan ini dapat berupa karakteristik, demografis, gaya hidup, kepribadian, atau masalah yang dihadapi sebagaimana yang ditampilkan pada iklan dan sebagainya.  b) Familiarity, adalah pengenalan terhadap narasumber melalui exposure. Sebagai contoh, penggunaan celebrity endorser dinilai berdasarkan tingkat keseringan tampil di publik. c) Likability adalah kesukaan audiens terhadap narasumber karena penampilan fisik yang menarik, perilaku yang baik, atau karakter personal lainnya. 3. Power Adalah karisma yang dipancarkan oleh endorser untuk dapat mempengaruhi konsumen, sehingga konsumen sasaran terpengaruh untuk membeli produk. Untuk memilih selebriti yang memiliki power haruslah tidak sekedar popular- tetapi terkadang sudah harus sampai pada pemujaan terhadap selebriti tersebut oleh konsumen. Jika konsumen sudah mencapai tahap itu, maka akan sangat mudah bagi selebriti untuk mempengaruhi konsumen melakukan pembelian. Proses mempengaruhi konsumen tersebut disebut compliance. Seorang selebriti memiliki kekuatan untuk menghentikan (stopping power). Mereka dapat menarik perhatian atas pesan iklan ditengah banyaknya iklan lain. Selebriti dapat digunakan sebagai alat yang cepat untuk mewakili segmen pasar yang dibidik. Tugas utama para endorser ini adalah untuk menciptakan asosiasi yang baik antara endorser dengan produk yang diiklankan sehingga timbul sikap positif dalam diri konsumen, sehingga iklan dapat menciptakan citra yang baik pula di mata konsumen. Iklan merupakan elemen  penting dan saling berpengaruh dalam menanamkan brand image kepada konsumen seiring dengan ciri fisik dan kualitas produk yang mengikuti suatu brand tertentu (Temporal & Lee, 2010). Handi Chandra (2010:93) mendefinisikan celebrity endorser adalah melakukan promosi produk dengan artis sebagai tokoh pengiklannya. Apabila kita melihat sebuah iklan baik di televisi, koran, majalah, brosur, poster kita sering melihat orang yang menyampaikan informasi mengenai suatu produk dalam iklan tersebut yang mana selain menyampaikan informasi, juga berusaha membujuk kita untuk membeli produk tersebut. Orang di dalam iklan tersebut disebut sebagai endorser atau pendukung iklan

Tidak ada komentar: