Sabtu, 26 Oktober 2019

Tipe Kepemimpinan (skripsi dan tesis)

Terry menyebutkan tipe-tipe kepemimpinan sebanyak enam buah (Sukarma, 2011;86-87), yaitu :
 1. Kepemimpinan Pribadi
 Dalam tipe ini pemimpin mengadakan hubungan langsung dengan bawahannya sehingga terjadi hubungan pribadi yang intim.
 2. Kepemimpinan Non Pribadi 
Dalam tipe ini pemimpin tidak mengadakan hubungan langsung dengan bawahannya, hingga antara pemimpin dan bawahan melalui planning dan instruksi tertulis
 3. Kepemimpinan Otoriter 
Dalam tipe ini pemimpin memperlakukan bawahannya secara sewenangwenang. Karena menganggap diri orang yang paling berkuasa, bawahan digerakkan dengan jalan paksaan, sehingga para pekerja dalam melakukan pekerjaannya bukan karena ikhlas melainkan karena takut.
 4. Kepemimpinan Kebapakan
 Dalam tipe ini pemimpin memperlakukan bawahannya seperti terhadap anaknya sendiri, sehingga para bawahannya tidak berani mengambil keputusan segala sesuatu yang pelik selalu diserahkan kepada bapak untuk menyelesaikannya. Dengan demikian bapak sangat banyak pekerjaannya, yaitu ikut serta menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi tanggungjawab bawahannya.
 5. Kepemimpinan Demokratis 
Dalam tipe ini pemimpin selalu mengadakan musyawarah dengan para bawannya untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang sukar sehingga para bawahannya merasa dihargai pikiran-pikirannya dan pendapat-pendapatnya serta mempunyai pengalaman yang baik dalam menghadapi persoalan yang rumit.
 6. Kepemimpinan Bakat 
Dalam tipe ini pemimpin dapat menggerakkan bawahannya karena mempunyai bakat untuk itu, sehingga bawahannya senang mengikutinya. Jadi tipe ini lahir karena pembawaan sejak lahir seolah-olah dilahirkan untuk memimpin dan diikuti oleh orang lain. Dalam tipe ini pemimpin tidak akan susah menggerakkan bawahannya karena bawahannya akan selalu menurut akan kehendaknya. 

Tidak ada komentar: