Sabtu, 26 Oktober 2019

Pengertian Teknologi (skripsi dan tesis)

Menurut Roth, dkk dalam Wibisono (2006;136) usia dan kondisi teknologi yang diterapkan merupakan salah satu penentu kemampuan organisasi untuk mengeksekusi strategi dan pencapaian tujuan. Investasi dalam hal teknologi untuk memperbaiki kompetensi perusahaan merupakan elemen penting dalam mencapai keberhasilan jangka panjang perusahaan. Perkembangan teknologi informasi memainkan peranan yang sangat penting dalam perkembangan konsep manajemen pengetahuan (knowledge management). Istilah teknologi informasi merupakan gabungan dua istilah dasar  yaitu teknologi dan informasi. Teknologi dapat diartikan sebagai pelaksanaan ilmu, atau dapat diartikan sama dengan ilmu
 Menurut Effendy (2013) teknologi merupakan salah satu elemen pokok yang terdapat pada knowledge management, dikenal sebagai media yang mempermudah penyebaran explicit knowledge. Salah satu teknologi paling mutakhir yang saat ini digunakan oleh banyak organisasi untuk proses penyebaran pengetahuan adalah intranet/internet, dimana hal ini didasarkan pada kebutuhan untuk mengakses pengetahuan dan melakukan kolaborasi, komunikasi serta sharing knowledge secara ”on line”. Sehingga penting akan :
1. Pemahaman tentang internet yang sudah sangat baik
 2. Pengetahuan internet adalah wajib diketahui oleh semua karyawan
 3. Merupakan sarana untuk mendapat dan menyebarkan informasi
 4. Fasilitas intranet yang ada saat ini sangat membantu proses kerja karyawan
 5. Fasilitas internet dapat meningkatkan efisiensi kerja 
Teknologi intranet atau internet dengan berbagai aplikasi didalamnya membuat teknologi itu menjadi basis utama pengembangan alat knowledge management. Tujuan utama penggunaan teknologi intranet/internet dalam knowledge management adalah untuk mendistribusikan pengetahuan melalui intranet/internet yang memungkinkan pengetahuan yang dimiliki perusahaan dan karyawannya tersebar secara corporate wide dan menjadi milik kolektif perusahaan atau organisasi (Setiorini, 2012;60). Teknologi informasi adalah salah satu kunci keberhasilan implementasi menajemen pengetahuan dan memiliki peran yang tidak dapat terbantahkan. Dukungan teknologi informasi terhadap proses manajemen pengetahuan dapat dikembangkan secara luas sehingga dapat diaplikasikan dan diintegrasikan (Rusilowati, 2015;45)

Tidak ada komentar: