Sabtu, 26 Oktober 2019

Hubungan Budaya Organisasi Terhadap Penerapan Knowledge Management (skripsi dan tesis)

 Dalam penerapan knowledge management, budaya adalah hal terpenting untuk menjadikan organisasi yang dikendalikan oleh pengetahuan, untuk sampai kesana organisasi perlu membentuk budaya perusahaan yang fokus pada pengetahuan. Organisasi perlu memfasilitasi proses ini sehingga pengetahuan tersebut dapat terorganisir secara lebih baik dan nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan organisasi (Dunamis, 2013; xxvii). Budaya Organisasi memegang peran penting dalam mendukung proses penciptaan knowledge organisasi dan keberhasilan knowledge management di organisasi. Untuk mempromosikan berbagi pengetahuan dan menghilangkan hambatan berbagi pengetahuan, budaya organisasi harus mendorong penemuan dan inovasi. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Putra (2013) dengan judul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Knowledge Sharing Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kanwil Makassar dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa Faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi knowledge sharing pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kanwil Makassar. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui faktor mekanisme transfer ilmu, sarana pendukung, budaya perusahaan dan motivasi yang mempengaruhi secara signifikan intensi knowledge sharing pada karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Kanwil Makassar

Tidak ada komentar: