Sabtu, 26 Oktober 2019

Teori Kepemimpinan (skripsi dan tesis)

Teori-teori kepemimpinan yang akan dikemukakan berikut ini merupakan pendukung untuk dapat memudahkan dalam melihat kepemimpinan mulai dari  dasar untuk memilih pemimpin, melatih untuk menjadi pemimpin sampai teori kotemporer. (Stephen dan Timothy, 2015 ; 249-265) 
1. Teori Sifat Teori-teori yang mempertimbangkan kualitas dan karakteristik personel yang didiferensiasikan para pemimpin dari yang bukan para pemimpin. yang digunakan untuk meninjau sifat-sifat kepemimpinan yang bervariasi berdasarkan lima besar kerangka kerja kepribadian : 
a. Ekstraversi 
b. Keramahan
 c. Kehati-hatian
 d. Stabilitas emosional 
e. Keterbukaan pada pengalaman 
2. Teori Perilaku 
Teori yang mengusulkan perilaku spesifik yang mendiferenesasikan para pemimpin dari bukan para pemimpin, menyiratkan bahwa dapat melatih orangorang untuk menjadi para pemimpin. Seperti teori yang dihasilkan dari : 
a. Studi Ohio State Studi yang ditujukan untuk mengidentifikasi dimensi bebas dan perilaku pemimpin dengan dua dimensi yang pada dasarnya sangat diperhitungkan sebagai perilaku kepemimpinan oleh para karyawan, yaitu :
 1) Initiating structure mengarah kepada sampai sejauh mana seorang pemimpin akan mendefinisikan dan menstruktur peranannya dan para bawahannya dalam pencarian untuk pencapaian tujuan. 
 2) Consideration mengarah sampai sejauh mana seseorang pemimpin akan memiliki hubungan pekerjaan yang dicirikan oleh rasa saling percaya, menghormati gagasan dari para bawahannya dan menghargai perasaan bawahannya.
 b. Studi Universitas Michigan 
studi yang menempatkan karakteristik perilaku dari para pemimpin yang nampaknya terkait dengan efektivitas kinerja dengan mengidentifikasikan dua tipe perilaku kepemimpinan sebagai berikut : 
1) Berorientasi pekerja dijelaskan sebagai seorang pemimpin yang menekankan hubungan interpersonel, menempatkan kepentingan pribadinya dalam kebutuhan dari para karyawan dan menerima perbedaan individual antara para anggota. 
2) Berorientasi produksi, pada keadaan yang berbeda seorang pemimpin menekankan pada aspek teknis atau tugas dari pekerjaan. 

Tidak ada komentar: