Sabtu, 26 Oktober 2019

Pengaruh Kapabilitas TI terhadap Orientasi Pelanggan (skripsi dan tesis)

Kapabilitas TI merupakan suatu alat yang dapat membantu perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan, pemecahan masalah ataupun melakukan perencanaan. Zhu dan Nakata (2007) melihat bahwa suatu TI yang diaplikasikan oleh perusahaan akan membawa beberapa dampak positif bagi aktivitas bisnisnya. TI dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan berbagai data yang dibutuhkan perusahaan dalam memahami masalah yang muncul. Zhu dan Nakata (2007) dalam penelitian melihat bahwa orientasi pelanggan yang dilakukan perusahaan akan berjalan dengan baik apabila difasilitasi dengan kapabilitas TI yang dimilikinya. Rodriguez et al.,(2014) mengemukakan hasil penelitiannya yang dilakukan pada berbagai jenis industri menunjukkan bahwa teknologi informasi yang digunakan dalam bentuk teknologi media massa maupun sistem customer relationship management (CRM) mampu mempengaruhi kegiatan orientasi pelanggan yang dilakukan perusahaan. Kapabilitas teknologi yang baik pada suatu perusahaan akan membantu perusahaan dalam memahami pelanggan, meningkatkan rasa percaya diri perusahaan dalam beradaptasi menghadapi perubahan kebutuhan pelanggan, mengukur kepuasan pelanggan dan mengharmoniskan aktivitas penjualan dan pemasaran perusahaan dengan pemenuhan  kebutuhan pelanggan

Tidak ada komentar: