KM merupakan salah satu faktor keunggulan aset pengetahuan atau
knowledge capital yang kompetitif dari suatu institusi termasuk lembaga korporat
dalam menjalankan roda kegiatannya sehari-hari. Telah banyak perusahaan besar
sukses mengaplikasikan KM sehingga mereka menjadi salah satu perusahaan
yang paling efisien dan produktif.
Peneliti aplikasi KM dalam dunia bisnis, Nonaka, dalam Takeuchi dan
Nonaka (2004) mengutarakan bahwa membuat pengetahuan seseorang agar dapat
diketahui oleh orang lain merupakan kegiatan inti dari suatu perusahaan pencipta
pengetahuan. Hal itu berlangsung secara kontinyu dan berlangsung di seluruh
tingkatan dalam suatu organisasi.
Menurut Nonaka dan Takeuchi (2004), pengetahuan memiliki keterkaitan
dengan tiga hal. Pertama, pengetahuan menyangkut keyakinan (beliefs) dan
komitmen (commitment). Kedua, pengetahuan menyangkut tindakan (action); dan
ketiga, pengetahuan menyangkut pemahaman (meaning). Pengetahuan merupakan
proses dinamis manusia dalam menetapkan keyakinan pribadi yang menuju pada
"kebenaran".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar