Anshori (2010) berpendapat bahwa inovasi adalah penjumlahan atas
pertanyaan mengapa dan bagaimana. Jika dituangkan dalam rumus menjadi
"Innovation = Mengapa (Why) + Bagaimana (How)" atau I = W+H. Inovasi akan
muncul jika kita selalu mempertanyakan sesuatu dengan pertanyaan mengapa
sesuatu terjadi, setelah itu kita mempertanyakan bagaimana hal tersebut agar tidak
terjadi atau agar lebih mudah, lebih murah, lebih bagus lebih yang lain.
O'Regan dan Ghobadian (2005), mendefinisikan inovasi sebagai suatu ide
baru yang dapat menciptakan nilai tambah bagi perusahaan. Suatu ide baru namun
tidak memiliki nilai tambah, menurutnya bukanlah suatu inovasi. Sedangkan
Rhenald Kasali (2010) mengatakan bahwa Inovasi adalah kemampuan untuk
melihat segala sesuatu dengan cara yang baru dan kadang di luar kebiasaan (out of
the box thinking).
Inovasi merupakan cara untuk mencegah agar tidak terjadi stagnasi pada
proses memenangkan persaingan di era lingkungan bisnis yang sangat ketat pada
masa sekarang tanpa adanya inovasi perusahaan tidak akan bisa berkompetisi
secara baik serta tidak akan mempunyai nilai tambah sebagai upaya untuk meraih
keuntungan yang lebih besar. Sesuatu yang unik, berharga, serta sulit untuk ditiru,
maka perusahaan tersebut berupaya untuk mempertahankan kondisinya menjadi
perusahaan yang mempunyai keunggulan bersaing terhadap para kompetitornya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar