Sabtu, 26 Oktober 2019

Strategi Perusahaan (skripsi dan tesis)

Agar perusahaan dapat menentukan jenis strategi yang tepat untuk diterapkan dalam perusahaan secara keseluruhan maka pihak manajemen dituntut untuk memahami kebutuhan yang harus dipenuhi oleh perusahaan dalam menerapkan suatu jenis strategi. Menurut Porter (2008), ada tiga strategi yang harus dipertimbangkan Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif yaitu :
 1. Keunggulan biaya secara keseluruhan 
 Dengan strategi ini, perusahaan menjadi produsen dengan biaya produksi dan distribusi terendah dalam industrinya sehingga harganya dapat lebih rendah daripada pesaing dan mendapat pangsa pasar yang besar. Sumber keunggulan biaya tersebut meliputi pengejaran economic of scale, teknologi milik sendiri, akses ke bahan mentah dan lain-lain. Sebuah perusahaan yang bisa mencapai dan mempertahankan seluruh keunggulan biaya, maka perusahaan tersebut akan menjadi perusahaan dengan kinerja di atas rata-rata dalam industri, asalkan dapat menguasai harga atau dekat dengan rata-rata industri. 
2. Diferensiasi 
 Kunci dari strategi diferensiasi yang berhasil adalah untuk menjadi unik dalam pandangan atau menurut nilai atau value yang ditetapkan oleh pelanggan. Yang menjadi pusat strategi ini adalah kemampuan untuk memahami keinginan pembeli. Adalah dengan menduduki posisi yang khusus di pasar. Keunggulan dengan diferensiasi bisa diperoleh dengan cara : 
 a. Produk dengan kualitas diatas rata-rata 
b. Inovasi
 c. Saluran distribusi
 d. Membangun image/citra 
3. Fokus Di sini unit usaha memfokuskan diri pada satu atau lebih segmen pasar yang sempit daripada mengejar pasar yang lebih besar. Perusahaan memahami kebutuhan segmen ini dan mengejar kepemimpinan biaya atau jenis diferensiasi dalam segmen sasaran

Tidak ada komentar: