Agar perusahaan dapat menentukan jenis strategi yang tepat untuk
diterapkan dalam perusahaan secara keseluruhan maka pihak manajemen dituntut
untuk memahami kebutuhan yang harus dipenuhi oleh perusahaan dalam
menerapkan suatu jenis strategi.
Menurut Porter (2008), ada tiga strategi yang harus dipertimbangkan
Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif yaitu :
1. Keunggulan biaya secara keseluruhan
Dengan strategi ini, perusahaan menjadi produsen dengan biaya produksi dan
distribusi terendah dalam industrinya sehingga harganya dapat lebih rendah
daripada pesaing dan mendapat pangsa pasar yang besar. Sumber keunggulan
biaya tersebut meliputi pengejaran economic of scale, teknologi milik sendiri,
akses ke bahan mentah dan lain-lain. Sebuah perusahaan yang bisa mencapai
dan mempertahankan seluruh keunggulan biaya, maka perusahaan tersebut
akan menjadi perusahaan dengan kinerja di atas rata-rata dalam industri,
asalkan dapat menguasai harga atau dekat dengan rata-rata industri.
2. Diferensiasi
Kunci dari strategi diferensiasi yang berhasil adalah untuk menjadi unik dalam
pandangan atau menurut nilai atau value yang ditetapkan oleh pelanggan.
Yang menjadi pusat strategi ini adalah kemampuan untuk memahami
keinginan pembeli.
Adalah dengan menduduki posisi yang khusus di pasar. Keunggulan dengan
diferensiasi bisa diperoleh dengan cara :
a. Produk dengan kualitas diatas rata-rata
b. Inovasi
c. Saluran distribusi
d. Membangun image/citra
3. Fokus
Di sini unit usaha memfokuskan diri pada satu atau lebih segmen pasar yang
sempit daripada mengejar pasar yang lebih besar. Perusahaan memahami
kebutuhan segmen ini dan mengejar kepemimpinan biaya atau jenis
diferensiasi dalam segmen sasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar