Sabtu, 26 Oktober 2019

Manfaat Budaya Organisasi (skripsi dan tesis)

Perkembangan dan kesinambungan suatu perusahaan akan sangat tergantung pada budaya organisasi, budaya organisasi juga dapat dijadikan sebagai rantai pengikat untuk menyamakan persepsi atau arah pandang anggota organisasi terhadap suatu permasalahan sehingga akan menjadi satu kekuatan untuk mencapai suatu tujuan.  Beberapa manfaat budaya organisasi dikemukakan oleh Robins dalam Sutrisno (2010;27-28), sebagai berikut : 
1. Membatasi peran yang membedakan antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain. Setiap organisasi mempunyai peran yang berbeda sehingga perlu memiliki akar budaya yang kuat dalam sistem dan kegiatan yang ada dalam organisasi. 
2. Menimbulkan rasa memiliki identitas bagi para anggota organisasi. Dengan budaya organisasi yang kuat, anggota organisasi akan merasa memiliki identitas yang merupakan ciri khas organisasi. 
3. Mementingkan tujuan bersama daripada mengutamakan kepentingan individu.
 4. Menjaga stabilitas organisasi. Kesatuan komponen-komponen organisasi yang direkatkan oleh pemahaman budaya yang sama akan membuat kondisi organisasi relatif stabil

Tidak ada komentar: