Minggu, 13 Januari 2019

Tipe Antrian (skripsi dan tesis)


Tipe antrian menunjukkan pedoman keputusan yang digunakan untuk menyeleksi individu-individu yang memasuki antrian untuk dilayani terlebih dahulu. Aturan-aturan ini didasar pada yang pertama masuk, pertama keluar, yang terakhir masuk, dan seterusnya. Menurut Taha(2007:548) pada baris antrian terdapat lima jenis tipe antrian yaitu :
a.    First Come First Served adalah disiplin antrian yang menerangkan bahwa penumpang yang datang pertama akan dilayani terlebih dahulu.
b.    Last Come First Served adalah disiplin antrian yang menyebutkan bahwa penumpang yang terakhir datang dalam antrian akan dilayani terlebih dahulu.
c.    Service In Random Order adalah pemberian pelayanan didasarkan pada pemilihan secara sembarang atau berdasarkan pada peluang secara acak, tidak penting siapa yang datang terlebih dahulu.
d.   Emergency First yaitu pelayanan yang diberikan kepada penumpang yang menghadapi keadaan darurat yang perlu ditangani secepatnya. Dalam hal ini tentunya tidak melihat siapa yang datang terlebih dahulu atau yang datang belakangan.

Tidak ada komentar: