Selasa, 29 Januari 2019

Pengaplikasian Definisi Dari Inovasi (skripsi dan tesis)




Terdapat empat faktor yang mendasarinya, menurut Nugroho (2003:398), terdiri dari:
a.    Orientasi Produk

Konsumen  menyukai  produk  yang menawarkan  kualitas  dan  performance terbaik serta inovatif. Perusahaan seringkali mendesain produk tanpa input dari customer.
b.    Orientasi Pasar

Kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan dari target market serta memberikan kepuasan secara lebih baik dibandingkan pesaing.
Ada empat faktor yang menjadi landasan utama konsep ini, yaitu:

1.    Penetuan  target  marke secara  tepat  dan  mempersiapkan  program pemasaran yang sesuai.
2.    Fokus pada customer needs untuk menciptakan customer satisfaction.





3.    Integrated marketing, setiap bagian atau departement dalam perusahaan bekerja sama untuk melayani kepentingan konsumen yang terdiri dari dua   tahap,   yaitu:   fungsi-fungsi   marketing   harus   terkoordinir   dan kerjasama antar departement.
4.    Profitability, profit diperoleh melalui penciptaan nilai pelanggan yang berkualitas, pemuasan akan kebutuhan pelanggan lebih baik daripada pesaing.
c.    Orientasi Perusahaan

Adalah menentukan keinginan dan kebutuhan dari target market dan memberikan kepuasan secara lebih baik dibandingkan para pesaing melalui suatu   car yang   dapa meningkatka kesejahteraa konsume dan masyarakat.
d.    Orientasi Konsumen

Pada prinsipnya dalam penyebaran produk baru (inovasi), konsumen menginginkan produk yang ada tersedia di banyak tempat, dengan kualitas yang tinggi, akan tetapi dengan harga yang rendah sehingga konsumen lebih banyak mengkonsumsi barang dan bahkan sampai pembelian yang berulang- ulang.

Tidak ada komentar: