Terdapat
empat faktor yang mendasarinya, menurut
Nugroho (2003:398), terdiri dari:
a. Orientasi
Produk
Konsumen
menyukai
produk yang menawarkan kualitas
dan performance terbaik serta inovatif. Perusahaan seringkali mendesain produk tanpa input dari customer.
b. Orientasi
Pasar
Kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri
dari penentuan kebutuhan
dan
keinginan dari target market serta memberikan kepuasan secara lebih baik dibandingkan
pesaing.
Ada empat
faktor yang menjadi
landasan utama konsep ini, yaitu:
1. Penetuan target
market secara
tepat dan mempersiapkan program
pemasaran yang sesuai.
2. Fokus
pada customer needs untuk
menciptakan customer
satisfaction.
3. Integrated marketing, setiap bagian atau departement dalam perusahaan
bekerja sama untuk melayani kepentingan konsumen yang terdiri dari dua
tahap,
yaitu:
fungsi-fungsi marketing harus terkoordinir dan
kerjasama antar departement.
4. Profitability, profit diperoleh melalui penciptaan nilai pelanggan yang
berkualitas, pemuasan akan kebutuhan pelanggan lebih
baik daripada pesaing.
c.
Orientasi
Perusahaan
Adalah
menentukan
keinginan dan
kebutuhan dari target market dan memberikan kepuasan secara lebih baik dibandingkan para pesaing melalui
suatu cara yang dapat meningkatkan kesejahteraan konsumen dan
masyarakat.
d. Orientasi
Konsumen
Pada
prinsipnya dalam penyebaran produk baru (inovasi), konsumen
menginginkan produk yang ada
tersedia di banyak tempat, dengan kualitas yang tinggi, akan tetapi dengan harga yang rendah sehingga konsumen lebih banyak mengkonsumsi
barang dan bahkan sampai pembelian yang berulang-
ulang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar