Menurut Sumodiningrat pemberdayaan tidak bersifat selamanya,
melainkan sampai target masyarakat mampu untuk mandiri, dan kemudian
dilepas untuk mandiri, meski dari jauh dijaga agar tidak jauh lagi. Dilihat dari
pendapat tersebut berarti pemberdayaan melalui suatu masa proses belajar,
hingga mencapai status mandiri. Meskipun demikian dalam rangka menjaga
kemandirian tersebut tetap dilakukan pemeliharaan semangat, kondisi, dan
kemampuan secara terus-menerus supaya tidak mengalami kemunduran lagi
(Ambar, 2017).
Adapun tahap-tahap pemberdayaan yang harus dilalui adalah meliputi :
1) Tahap penyadaran dan pembentukan prilaku menuju prilaku sadar dan
peduli sehinggga merasa membutuhkan peningkatan kapasitas diri.
2) Tahap tranformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, kecakapan
sampai keterampilan agar terbuka wawasan dan memberikan keterampilan
dasar sehingga dapat mengambil peran didalam pembangunan.
3) Tahap peningkatan kemampuan intelektual, kecakapan sampai
keterampilan sehingga terbentuklah inisiatif dan kemampuan inovatif untuk
mengantarkan pada kemandirian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar