Konsep pemasaran menekankan bahwa konsumenlah yang menjadi
fokus utama perusahaan. Oleh karena itu diperlukan berbagai cara untuk
memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen yang
sesungguhnya. Menurut (AMA) American Association pemasaran adalah
suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan,
mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dengan cara
yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
Menurut Kotler (2013:5) pemasaran merupakan sebuah proses
kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan
secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang
lain.
Menurut Sudaryono (2016 : 38), pemasaran (marketing) bersangkut
paut dengan kebutuhan hidup sehari-hari kebanyakan orang. Melalui
proses tersebut, produk atau jasa diciptakan, dikembangkan, dan
distribusikan kemasyarakat. Pada hakikatnya pemasaran adalah kegiatan
manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
melalui pertukaran. Konsep penting dalam studi pemasaran adalah
kebutuhan, keinginan, permintaan, produk, pertukaran, transaksi dan pasar.
Sabtu, 12 November 2022
Pengertian Pemasaran (skripsi, tesis, disertasi)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar