Sabtu, 12 November 2022

Pengertian Bauran Pemasaran (skripsi, tesis, disertasi)


Menurut Kotler & Amstrong (2012:62) bauran pemasaran (marketing
mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis yang terkendali dipadukan
perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar
sasaran.
Bauran pemasaran menurut Tjiptono (2014) meliputi:
1. Product (Produk)
Pengertian produk (product) menurut Laksana (2008:67) produk
adalah segala sesuatu baik yang bersifat fisik maupun non fisik yang
dapat ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi segala keinginan
dan kebutuhannya. Kotler & Amstrong (2012:346) adalah segala
sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian,
dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan
atau kebutuhan. Produk terdiri dari ragam produk, desain, kemasan,
fitur, nama merek, kulitas, ukuran, layanan, jaminan, dan
pengembalian. Produk yang disediakan oleh Klinik Kecantikan
Natasha, Larissa dan Naava Green adalah produk jasa seperti
perawatan wajah, perawatan tubuh, perawatan rambut dan perawatan
kuku selain jasa produk barang yang disediakan adalah produk –
produk kecantikan seperti produk cream wajah, produk pembersih
wajah, sunblock, pelembap wajah, cream agni, produk lulur, produk
handbody dan produk shampo. Penelitian ini juga mencoba
melakukan yang lebih mendalam pada aspek produk dengan
melakukan penelitian tentang citra merek, kualitas produk yang tentu
saja hal tersebut tidak dapat terlepas dari produk yang disediakan oleh
Klinik Kecantikan
2. Price (Harga)
Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar pelanggan untuk
memperoleh produk. Harga adalah kesepakatan nilai yang menjadi
persyaratan bagi pertukaran dalam sebuah transaksi pembeli. Harga
dapat juga diartikan dengan sesuatu yang harus dikeluarkan pembeli
untuk menerima produk (Harjanto, 2009;260). Harga produk barang
dan jasa yang disediakan oleh Klinik Kecantikan Larissa, Klinik
Kecantikan Natasha dan Klinik Kecantikan Naava Green sangat
bervariatif tergantung jenis jasa pelayanan perawatan dan jenis produk
barangnya. Secara umum harga yang disediakan untuk harga termurah
sekitar Rp. 50.000 dan harga tertinggi berkisar pada Rp. 1.000.000.
3. Promotion (Promosi)
Kotler (2013:28) mendefinisikan promosi penjualan sebagai berbagai
kegiatan yang dilakukan antar perusahaan untuk mengkomunikasikan
manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen sasaran
agar membelinya. Strategi promosi yang dilakukan oleh Klinik
13
Kecantikan Larissa, Klinik Kecantikan Natasha dan Klinik Kecantikan
NaavaGreen tergolong sama yakni melakukan promosi melalui media
online seperti website, media iklan online, sosial media, surat kabar,
brosur, panflet, radio, televisi dan lain lain. Aspek promosi juga
menjadi aspek yang akan dikaji mendalam dalam penelitian ini
dimana riset ini mencoba untuk menganalisis penggunaan celebrity
endorser apakah memiliki peran yang signifikan dalam mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen.
4. Place (Tempat)
Definisi lokasi menurut Kotler (2013:126) adalah berbagai kegiatan
yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah
diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Dalam penentuan
lokasi, Klinik Kecantikan Larissa, Klinik Kecantikan Natasha dan
Klinik Kecantikan NaavaGreen selalu memilih daerah pusat kota hal
ini dilakukan sebab klinik – klinik tersebut memilih pasar sasaran dari
kalangan menengah keatas yang memiliki perilaku atau kepedulian
yang tinggi terhadap perawatan tubuh dan hal tersebut lebih
didominasi oleh masyarakat perkotaan

Tidak ada komentar: