Sabtu, 12 November 2022

Pengertian Kualitas Produk (skripsi, tesis, disertasi)


Kotler dan Amstrong (2012:354), mengatakan bahwa kualitas
produk ialah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan
fungsinya, meliputi daya tahan, keandalan ketepatan, kemudahan
operasi dan perbaikan, serta atribut bernilai lainnya. Menurut
Prawirosentono (2007:6) kualitas produk ialah keadaan fisik, fungsi
dan sifat produk yang dapat membuat konsumen merasa puas dan
sesuai keperluan berdasarkan harga yang sudah dibayar.
Usaha untuk menarik minat pelanggan potensial, maka
perusahaan harus memproduksi produk yang berkualitas, terutama
dalam memenuhi harapan konsumen agar merasa puas dan loyal pada
perusahaan. Secara umum, memiliki kualitas yang baik adalah salah
satu cara yang efektif perusahaan dalam menguasai pasar. Bagi
konsumen, kualitas produk adalah alat ukur dalam mencapai
kepuasan.
Kualitas produk tidak diragukan lagi, merupakan elemen yang
sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kualitas produk yang dapat diterima adalah faktor utama yang dapat
mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Apabila pelanggan
merasa puas dengan produk yang berkualitas maka pelanggan ingin
membeli kembali produk yang sudah dibeli dan akan memberitahu
kepada orang lain tentang rasa puas dengan produk tersebut
Salah satu elemen yang diutamakan dalam bersaing ialah
kualitas yang membuat konsumen merasa terpenuhi terhadap
kebutuhannya. Apabila tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen
maka produk tersebut akan ditolak. Dengan demikian perusahan harus
memahami tentang kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga
perusahaan mampu menciptakan produk dengan kualitas yang sesuai
dengan harapan konsumen. Konsumen tentunya menginginkan produk
dengan kualitas yang baik, dengan demikian produk dengan kualitas
yang baik adalah kunci dalam pengembangan produktifitas
perusahaan.
Kotler (2013), mengemukakan bahwa perusahaan dalam
menciptakan kualitas produk yang baik maka dibutuhkan beberapa
faktor untuk merumuskan mengenai kualitas produk yaitu :
1. Fungsi barang.
Mempengaruhi kepuasan konsumen, maka harus
memproduksi barang yang mutunya harus sesuai dengan fungsi
serta kegunaannya, daya tahannya, peralatannya dan
kepercayaannya.
2. Wujud luar seperti bentuk, warna dan susunannya
Bila wujud luar dari barang tersebut tidak menarik meskipun
kualitas barangnnya baik maka belum tentu konsumen tertarik.
3. Biaya barang.
Pada umumnya biaya dan harga suatu barang akan dapat
menentukan mutu suatu barang tersebu

Tidak ada komentar: