Sabtu, 12 November 2022

Pengertian Citra Merek (skripsi, tesis, disertasi)

Merek merupakan identitas dari suatu barang atau jasa. Perusahaan harus menciptakan suatu merek yang berbeda dari pesaing, dengan tujuan agar bisa dapat diterima oleh konsumen, sehingga konsumen dengan mudah bisa menentukan merek dari suatu perusahaan. Merek yang sudah populer dan bisa dipercaya merupakan sebuah asset yang sangat bernilai. Merek merupakan sumber asset yang besar dan merupakan faktor terpenting dalam pemasaran perusahaan. Ketrampilan yang harus dikembangkan oleh perusahaan dalam memasarkan adalah kemampuan dalam menciptakan, memelihara dan melindungi serta meningkatkan citra merek. Assosiasi Pemasaran Amerika dikutip dari Kotler (2013), mendefisinikan merek sebagai nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang bertujuan untuk mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing. Menurut Kotler (2013), citra merek adalah persepsi konsumen terhadap perusahaan atau produknya. Menurutnya citra tidak dapat di tanamkan kedalam fikiran konsumen dengan waktu yang singkat, dalam satu hari atau hanya menyebarkan dengan satu media. Citra merek harus menyebarkan dengan media sebanyak mungkin disampaikan berulang-ulang, dikarenakan tanpa citra yang kuat perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mempertahankan konsumen dan menarik konsumen baru Banyak faktor diluar kontrol perusahaan yang mempengaruhi citra merek. Merek dapat dikatakan faktor yang penting dalam memasarkan produk atau jasa, dikarenakan kegiatan mengenalkan dan  menawarkan produk atau jasa tidak bisa lepas dari merek yang diandalkan perusahaan. Menurut Kotler & Keller (2016), ukuran citra merek dapat dilakukan berdasarkan merek, yaitu: a. Mudah diingat Dalam memilih jenis merek sebaiknya mudah diingat dan mudah disebutkan atau diucapkan. Memilih nama, logo, simbol sebaiknya dibuat menarik dan unik, sehingga masyarakat tertarik dan mudah untuk diingat b. Mudah dikenal Usaha untuk mengenalkan merek supaya mudah dikenal yaitu dengan melalui logo, pesan, pengemasan dan disajikan kepada konsumen atau disebut dengan trade dress. Suatu produk dapat menarik perhatian dan mudah dikenal melalui komunikasi yang insentif c. Reputasi merek baik Bagi perusahaan citra berarti persepsi masyarakat terhadap jati diri perusahaan. Persepsi yang ditanamkan masyarakat berdasarkan dengan apa yang diketahui tentang perusahaan yang tersebut. Dengan hal ini apabila ada perusahaan yang sama bukan berarti memiliki citra yang sama dalam persepsi masyarakat. Dalam mengambil keputusan bagi konsumen, citra perusahaann menjadi salah satu pegangan. Perusahaan yang memiliki citra yang baik akan berdampak positif dalam pengambilan keputusan dan bagitu  sebaliknya. Perusahaan yang memiliki citra yang buruk akan melemahkan kemampuan perusahaan dalam persaingan

Tidak ada komentar: