Sabtu, 12 November 2022
Pemasaran (skripsi, tesis, disertasi)
Pemasaran merupakan kegiatan penting dalam perusahaan yang ditujukan
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat melalui suatu produk yang
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi konsumen, selain itu pemasaran
ditujukan untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Pemasaran adalah
sebuah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan ingin menciptakan, menawarkan, dan secara bebas
mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain (Kotler, Keller
2016: 27). Menurut AMA (Asosiasi Pemasaran Amerika) yang dikutip oleh Kotler
dan Keller (2016: 27) mendefinisikan pemasaran adalah suatu fungsi organisasi
dan serangkaian proses untuk mencipatakan, mengkomunikasikan, dan memberi
nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara
menguntungkan organisasi.
Bauran pemasaran (marketing mix) mempunyai peranan yang sangat
penting dalam mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang
ditawarkan pasar, oleh karena itu bauran pemasaran (marketing mix) dikatakan
sebagai suatu perangkat yang akan menunjukkan tingkat keberhasilan pemasaran.
Menurut Kotler dan Armstrong (2016: 47) Bauran pemasaran (marketing mix)
mencakup empat (4) hal pokok dan dapat dikontrol oleh perusahaan yang meliputi
produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion).
Sedangkan pengertian lainnya dari Buchari Alma (2016: 205), memberikan definsi
tentang bauran pemasaran (marketing mix) sebagai suatu strategi mencampuri
kegiatankegiatan pemasaran, agar dicari kombinasi maksimal sehingga
mendatangkan hasil yang memuaskan. Marketing mix terdiri atas empat komponen
atau disebut 4P yaitu product, price, place dan promotion.
Berdasarkan beberapa definisi tersebut peneliti sampai pada pemahaman
bahwa bauran pemasaran (marketing mix) merupakan suatu alat pemasaran yang
dijadikan strategi dalam kegiatan perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan
yang optimal. Sementara itu seperangkat alat-alat pemasaran tersebut
diklasifikasikan menjadi empat (4) kelompok yang luas yang disebut 4P pemasaran,
sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran tambahan
seperti people (orang), physical evidence (fasilitas fisik) dan process (proses)
13
sehingga dikenal 7P maka dapat disimpulkan bauran pemasaran jasa yaitu product,
price, place, promotion, people, physical evidence, process.
Adapun pengertian 7P menurut Kotler dan Amstrong (2016: 62) sebagai berikut:
1. Produk (product), adalah mengelola unsur produk termasuk perencanaan dan
pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan dengan mengubah
produk atau jasa yang ada dengan menambah dan mengambil tindakan yang lain
yang mempengaruhi bermacam-macam produk atau jasa.
2. Harga (price), adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan
harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang
menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagai variabel
yang bersangkutan.
3. Distribusi (place), yakni memilih dan mengelola saluran perdagangan yang
dipakai untuk menyalurkan produk atau jasa dan juga untuk melayani pasar
sasaran, serta mengembangkan sistem distribusi untuk pengirim dan perniagaan
produk secara fisik.
4. Promosi (promotion), adalah suatu yang digunakan untuk memberitahukan dan
membujuk pasar tentang produk atau jasa yang baru pada perusahaan melalui
iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, maupun publikasi. Salah satu metode
promosi melalui iklan adalah dengan cara menggunakan celebrity endorser untuk
memperkenalkan suatu produk adau jasa.
5. Orang (People) adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam
penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen dari orang
adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan
tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan dan penampilan karyawan
memiliki pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian jasa.
6. Fasilitas Fisik Fasilitas Fisik (Physical Evidence), merupakan hal nyata yang turut
mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk
atau jasa yang ditawarkan. Unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara lain
lingkungan atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barangbarang lainnya.
7. Proses (process), adalah semua prosedur aktual, mekanisme, dan aliran aktivitas
yang digunakan untuk menyampaikan jasa. Elemen proses ini memiliki arti sesuatu untuk menyampaikan jasa. Proses dalam jasa merupakan faktor utama
dalam bauran pemasaran jasa seperti pelanggan jasa akan senang merasakan
sistem penyerahan jasa sebagai bagian jasa itu sendiri.
Dari ketujuh alat-alat pemasaran di atas mencerminkan penjual terhadap alat
pemasar yang tersedia untuk mempengaruhi pembeli. Dari sudut pandang pemasar,
setiap alat pemasaran dirancang untuk memberikan manfaat kepada pelanggan.
Jadi, perusahaan pemenang adalah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan
konsumen/ pelanggan secara ekonomis, mudah dan dengan komunikasi yang
efektif
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar