Sabtu, 12 November 2022

Desain Produk (skripsi, tesis, disertasi)


Kotler (2013:332) mengatakan desain produk merupakan totalitas
keistimewaan yang mempengaruhi penampilan dan fungsi suatu
produk dari segi kebutuhan konsumen. Produk hasil desain produk
kerajinan umumnya lebih menitikberatkan pada nilai–nilai keunikan
(uniqueness), keindahan (estetika), seni (art), adiluhung (bernilai
tinggi), berharkat tinggi (bermutu tinggi), ciri khusus atau khas, dan
kehalusan rasa sebagai unsur dasar. Sementara dalam pemenuhan
fungsinya lebih menekankan pada pemenuhan fungsi pakai yang lebih
bersifat fisik (fisiologis), misalnya : benda–benda pakai, perhiasan,
furniture ataupun sandang (Palgunadi, 2007:32)
Desain produk dalam kegiatan pemasaran merupakan salah satu
pembentuk daya tarik terhadap suatu produk. Desain dapat
membentuk atau memberikan atribut pada suatu produk. Sehingga
dapat menjadi ciri khas pada merek suatu produk. Ciri khas dari
produk tersebut pada akhirnya akan dapat membedakan dengan
produk–produk sejenis merek lain dari pesaing (Kotler dan Amstrong,
2012).
Desain produk merupakan totalitas keistimewaan yang
mempengaruhi penampilan dan fungsi suatu produk dari segi
kebutuhan pelanggan. Semakin ketatnya persaingan, desain produk
menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mendiferensiasikan dan
memposisikan produk dan jasa perusahaan. Perusahaan seharusnya
memahami apa yang harus dikembangkan melalui penampilan yang
meliputi keunikan, keindahan, seni, adiluhung, berharkat tinggi, ciri
khas, dan kehalusan rasa sebagai unsur dasar.
Dalam sudut pandang perusahaan, suatu produk yang didesain
dengan baik akan mudah didistribusikan. Sedangkan dalam sudut
pandang konsumen, produk yang menarik untuk dilihat, dipakai, dan
nyaman membuat konsumen akan meningkatkan keputusan
pembelian. Menurut Kotler (2013), desain produk yang baik dapat
menarik perhatian untuk melakukan pembelian, meningkatkan kinerja,
mengurangi biaya, dan menyesuaikan nilai terhadap pasar sasaran
yang diinginka

Tidak ada komentar: