Sabtu, 12 November 2022

Pengertian Celebrity Endorser (skripsi, tesis, disertasi)


Menurut Shimp, (2014:459), endorser adalah pendukung iklan
atau yang dikenal juga sebagai bintang iklan untuk mendukung suatu
produk. Sedangkan selebriti adalah tokoh (aktor, penghibur atau atlet)
yang dikenal karena prestasinya di dalam bidang-bidang yang berbeda
dari produk yang đidukungnya (Shimp 2014:460). Selebriti dipandang
sebagai individu yang disenangi oleh masyarakat dan memiliki
keunggulan atraktif yang membedakannya dari individu lain.
Shimp (2014:460) berpendapat bahwa celebrity endorser adalah
menggunakan artis sebagai bintang iklan di media-media, mulai dari
media cetak, media sosial, maupun media telivisi. Selain itu selebriti
digunakan karena atribut kesohorannya termasuk ketampanan,
keberanian, talenta, keanggunan, kekuatan, dan daya tarik seksualnya
yang sering mewakili daya tarik yang diinginkan oleh merek yang
mereka iklankan. Penggunaan celebrity endorser diharapkan mampu
mewakili citra merk yang berdampak pada keputusan pembelian.
Kata-kata yang diucapkan dan bahkan terkadang hanya kharisma dari
seorang selebriti mampu memengaruhi seseorang untuk berhenti dan
mengarahkan perhatian kepadanya. Shimp menyatakan bahwa
sekarang ini banyak konsumen yang mudah mengidentifikasi diri
dengan para bintang ini, seringkali dengan memandang mereka
sebagai pahlawan atas prestasi, kepribadian, dan daya tarik fisik
mereka. Kemungkinan sebanyak 1/4 dari semua iklan menggunakan
selebriti . (Shimp, 2014:460)
Alasan yang menyebabkan selebriti sangat diminati oleh
produsen untuk mengiklankan produknya adalah karena pesan yang
disampaikan oleh sumber yang menarik (kaum selebriti yang sedang
populer) akan mendapat perhatian yang lebih besar disamping akan
sangat mudah diingat (Royan 2004:2). Menurut Sumarwan (2004:258)
pembelian produk dan jasa serta pemilihan merek, para selebriti bisa
memiliki pengaruh kuat kepada konsumen. Selebriti bisa menjadi alat
pemasaran suatu produk yang sangat penting, daya tariknya yang luar
biasa dan memiliki penggemar yang banyak bisa menjadi hal yang
tidak dimiliki orang lain. Selebriti memiliki inner beauty, kharisma
dan kredibilitas

Tidak ada komentar: