Sabtu, 20 April 2024

Strategi Pemasaran


Strategi pemsaran merupakan suatu manajemen yang disusun untuk
mempercepat pemecahan persoalan pemasaran dan membuat keputusan – keputusan
yang bersifat strategi. Setiap fungsi manajemen memberikan kontribusi pada level
yang berbeda saat penyusunan strategi pemasaran. Oleh sebab itu pemasaran
memiliki peranan penting dalam pengembangan strategi perusahaan.
Menurut Cravens (2010) menyatakan bahwa strategi pemasaran mempunyai
implikasi yang penting dalam interaksi antara perusahaan dan konsumen, untuk
mengidentifikasi tujuan perusahaan, kepuasan dan kebutuhan pelanggan. Strategi
pemasaran merupakan suatu proses manajerial dibidang pemasaran untuk
mengembangkan dan menjaga agar tujuan, skill, knowledge, resources, sesuai dengan
peluang dan ancaman di pasar yang selalu berubah – ubah dan bertujuan untuk
menyempurnakan jalannya dan produk usaha dari perusahaan sehingga memenuhi
target laba dan menumbuhkan penjualan.
Menurut Kotler dan Amstrong (2010) strategi pemasaran modern secara umum
terdiri dari tiga tahap yaitu: segmentasi pasar (segmenting), penempatan pasar sasaran
(targeting) dan penempatan posisi pasar (positioning). Kemudian setelah mengatahui
segmen pasar, target pasar dan posisi pasar maka dapat disusun strategi bauran
pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk, harga, penyaluran atau distribusi
dan promosi.
Menurut Suharno dan Yudi Sutarso (2010) strategi pemasaran adalah kerangka
kerja jangka panjang yang memandu seluruh aktivitas teknis dalam pemasaran
dimana didasarkan kepada semangat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tidak ada komentar: