Sabtu, 20 April 2024

Indikator Persepsi harga


Indikator – indicator dari persepsi harga menurut Hidayat dan Sutopo (2016),
yaitu:

  1. Daya saing harga
    Konsumen sering kali membandingkan daya saing harga suatu produk dengan
    produk pesaingnya. Dalam hal ini mahal atau murahnya suatu produk sangat
    dipertimbangan oleh konsumen.
  2. Kesesuaian harga dengan manfaat harga
    Konsumen memutuskan akan membeli suatu produk jika manfaat yang akan
    diterimanya lebih besar atau sama dengan yang telah dibayarkan untuk suatu
    produk. Jika konsumen merasaakan suatu manfaat produk lebih kecil
    dibandingkan dengan uang yang telah dibayarkan, maka konsumen akan
    beranggapan bahwa produk tersebut mahal dan akan berfikir dua kali jika
    ingin melakukan pembelian ulang.
  3. Keterjangkauan harga
    Konsumen dapat menjangkau harga yang telah ditetapkan oleh suatu
    perusahaan. Biasanya ada beberapa jenis produk dalam satu merek tetapi
    berbeda harga, mulai harga termurah sampai harga termahal.
  4. Harga sesuai dengan kualitas produk
    Harga seringkali dijadikan sebagai indikator kualitas produk bagi konsumen.
    Apabila harga lebih tinggi konsumen cenderung beranggapan bahwa kualitas
    yang dimiliki produk tersebut juga lebih baik.

Tidak ada komentar: