Indikator – indicator dari persepsi harga menurut Hidayat dan Sutopo (2016),
yaitu:
- Daya saing harga
Konsumen sering kali membandingkan daya saing harga suatu produk dengan
produk pesaingnya. Dalam hal ini mahal atau murahnya suatu produk sangat
dipertimbangan oleh konsumen. - Kesesuaian harga dengan manfaat harga
Konsumen memutuskan akan membeli suatu produk jika manfaat yang akan
diterimanya lebih besar atau sama dengan yang telah dibayarkan untuk suatu
produk. Jika konsumen merasaakan suatu manfaat produk lebih kecil
dibandingkan dengan uang yang telah dibayarkan, maka konsumen akan
beranggapan bahwa produk tersebut mahal dan akan berfikir dua kali jika
ingin melakukan pembelian ulang. - Keterjangkauan harga
Konsumen dapat menjangkau harga yang telah ditetapkan oleh suatu
perusahaan. Biasanya ada beberapa jenis produk dalam satu merek tetapi
berbeda harga, mulai harga termurah sampai harga termahal. - Harga sesuai dengan kualitas produk
Harga seringkali dijadikan sebagai indikator kualitas produk bagi konsumen.
Apabila harga lebih tinggi konsumen cenderung beranggapan bahwa kualitas
yang dimiliki produk tersebut juga lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar