Sabtu, 20 April 2024

Indikator Kepuasan Konsumen


Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau tidak senang, kecewa atau
puasa yang dirasakan oleh konsumen setelah menggunakan produk atau jasa
perusahaan. Menurut Tjiptono dan Chandra (2012) kepuasan konsumen dapat diukur
melalui hal – hal sebagai berikut:

  1. Before sales statisfaction, yaitu kepuasan konsumen terhadap proses
    pencarian informasi, proses beberlanja dan ketersediaan alternatif produk di
    pasar.
  2. Product and price statisfaction, yaitu kepuasan terhadap kinerja produk
    dikaitkan dengan harga.
  3. After sales statisfaction, yaitu kepuasan terhadap layanan purnajual
    perussahaan dan pengalaman konsumen dalam menggunakan produk.
  4. Marketplace structure or performance statisfaction¸ yaitu kepuasan pelanggan
    terhadap system pemasaran dan kinerjanya, seperti periklanan, praktik
    pemasaran pengemasan dan pelabelan.

Tidak ada komentar: