Sabtu, 20 April 2024

Promosi


Promosi adalah bagian dari bauran pemasaran suatu produk. Promosi
penjualan merupakan bahan inti dalam kampanye pemasaran, terdiri dari
koleksi alat tambahan penghasilan, sebagian besar jangka pendek, yang
dirancang untuk menstimulasi pembelian yang lebih cepat atau lebih besar
atas produk atau jasa tertentu oleh konsumen atau perdagangan (Kotler dan
Keller, 2011). Promosi adalah bagaimana sebuah perusahaan memberi
informasi kepada para pelanggan mengenai layanan mereka (Lovelock et al,
2012). Sedangkan menurut Tjiptono (2015) promosi pada hakekatnya
merupakan suatu komunikasi dalam pemasaran, maksudnya dalam promosi
terdapat aktifitas pemasaran seperti menyebarkan informasi tentang produk,
membujuk atau mempengaruhi dan mengingatkan pasar sasaran atas
perusahaan dan produknya agar mau membeli dan loyal terhadap produk
yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Tujuan dari perusahaan melakukan promosi adalah untuk
menginformasikan (informing), mempengaruhi dan membujuk (persuasing)
serta mengingatkan (reminding) pelanggan tentang perusahaan dan bauran
pemasarannya (Tjiptono, 2015).

Tidak ada komentar: