Sabtu, 20 April 2024

Indikator Variabel Promosi


Indikator menurut Kotler dan Amstrong (2012), menyatakan bahwa indikator
promosi terdiri atas 5 (lima) promosi, yaitu :

  1. Advertising (periklanan), yaitu semua bentuk prentasi dan promosi
    nonpersonal yang dibayar oleh sponsor untuk mempersentasikan gagasan,
    barang atau jasa. Periklanan dianggap sebagai manajemen citra yang bertujuan
    agar menciptakan dan memelihara cipta dan makna didalam benak konsumen.
    Bentuk promosi yang digunakan mencakup broadcast, print, internet,
    outdoor, dan bentuk lainnya.
  2. Sales promotion (promosi penjualan), yaitu insentif – insentif jangka pendek
    untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Bentuk –
    bentuk promosi yang digunakan mencakup discounts, coupons, displays,
    demonstration, contents, sweepstaks dan events.
  3. Personal selling (penjualan perseorangan), yaitu persentasi personal oleh
    tenaga penjualan dengan tujuan menghasilkan penjualan dan membangun
    hubungan dengan konsumen. Bentuk penjualan perseorangan yang digunakan
    mencakup presentations, trade shows, dan incentive programs.
  4. Public relations (hubungan masyarakat), yaitu suatu membangun hubungan
    yang baik dengan berbagai publik perusahaan supaya memproleh publisitas
    yang menguntungkan, membangun citra perusahaan yang bagus dan
    menangani atau meluruskan rumor, cerita, serta event yang tidak
    menguntungkan. Bentuk promosi yang digunakan mencakup press releases,
    sponsorships, special event dan web pages.
  5. Direct marketing (penjualan langsung), yaitu hubungan langsung dengan
    sasaran konsumen dengan tujuan untuk memperoleh tanggapan segera dan
    membina hubungan yang abadi dengan konsumen. Bentuk promosi yang
    digunakan mencakup catalogs, telephone marketing, kioks, internet, mobile
    marketing dan lainnya.

Tidak ada komentar: