Minggu, 21 April 2024

Dimensi kualitas produk


Fandy Tjiptono (2008, dalam Ani Lestari dan Edy Yulianto, 2018:76) mengatakan
bahwa kualitas produk memiliki beberapa dimensi, yaitu:

  1. Kinerja, yaitu karakteristik operasi dan produk inti yang dibeli.
  2. Daya tahan, merupakan usia produk, dan lama pemakaian produk sebelum produk rusak
    atau digantikan.
  3. Kesesuaian dengan spesifikasi, kesesuaian sejauh apa karakteristik desain dan operasi
    memenuhi standar yang telah ditetapkan.
  4. Fitur, yaitu ciri-ciri tambahan untuk melengkapi manfaat dasar dari suatu produk.
  5. Reabilitas, merupakan kemungkinan kecil mengalami kerusakan pada produk atau gagal
    pakai.
  6. Estetika, merupakan daya tarik dari suatu produk kepada konsumen.
  7. Kesan kualitas, merupakan pandangan konsumen terhadap kualitas dan keunggulan
    yang dimiliki suatu produk.

Tidak ada komentar: