Sabtu, 20 April 2024

Tujuan Promosi


Setiap perusahaan memiliki tujuan promosi yang berbeda – beda tergantung
dengan kondisi intern dan ekstern perusahaan itu sendiri. Menurut Tjiptono (2012),
tujuan utama promosi secara rinci adalah sebagai berikut:

  1. Menginformasikan (Informing), informing ialah Menginformasikan pasar
    mengenai keberadaan suatu produk serta menginformasikan ke calon
    konsumen tentang spesifikasi produk, harga, cara pemakaian, agar konsumen
    tau mengenai produk yang beredar tersebut.
  2. Membujuk pelanggan sasaran (Persuasuif), yaitu untuk membentuk pilihan
    merek, mengalihkan pilihan ke merek tertentu, mengubah persepsi pelanggan
    terhadap atribut produk, mendorong pembeli atau calon konsumen untuk
    belanja pada saat itu juga. Inti dari membujuk adalah untuk meyakinkan calon
    konsumen yang tadinya tidak ingin/tidak membutuhkan menjadi
    ingin/membutuhkan.
  3. Mengingatkan (Reminding) adalah salah satu tujuan dari promosi yang
    maksudnya untuk mengingatkan pembeli bahwa produk yang bersangkutan
    akan dibutuhkan dalam waktu dekat, mengingatkan pembeli akan tempat –
    tempat yang menjual produk pemasaran, membuat pembeli tetap ingat
    walaupun tidak ada kampanye iklan, menjaga agar ingatan pertama pembeli
    jatuh pada produk perusahaan tersebut sehingga konsumen tidak berpaling ke
    produk lainnya.

Tidak ada komentar: