Setiap perusahaan memiliki tujuan promosi yang berbeda – beda tergantung
dengan kondisi intern dan ekstern perusahaan itu sendiri. Menurut Tjiptono (2012),
tujuan utama promosi secara rinci adalah sebagai berikut:
- Menginformasikan (Informing), informing ialah Menginformasikan pasar
mengenai keberadaan suatu produk serta menginformasikan ke calon
konsumen tentang spesifikasi produk, harga, cara pemakaian, agar konsumen
tau mengenai produk yang beredar tersebut. - Membujuk pelanggan sasaran (Persuasuif), yaitu untuk membentuk pilihan
merek, mengalihkan pilihan ke merek tertentu, mengubah persepsi pelanggan
terhadap atribut produk, mendorong pembeli atau calon konsumen untuk
belanja pada saat itu juga. Inti dari membujuk adalah untuk meyakinkan calon
konsumen yang tadinya tidak ingin/tidak membutuhkan menjadi
ingin/membutuhkan. - Mengingatkan (Reminding) adalah salah satu tujuan dari promosi yang
maksudnya untuk mengingatkan pembeli bahwa produk yang bersangkutan
akan dibutuhkan dalam waktu dekat, mengingatkan pembeli akan tempat –
tempat yang menjual produk pemasaran, membuat pembeli tetap ingat
walaupun tidak ada kampanye iklan, menjaga agar ingatan pertama pembeli
jatuh pada produk perusahaan tersebut sehingga konsumen tidak berpaling ke
produk lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar