Sabtu, 20 April 2024

Tujuan Persepsi harga


Menutur Prabowo (2015), persepsi harga mimiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Mendapatkan laba maksimum
    Dalam penjualan produk, terjadinya harga memang ditentukan oleh penjualan
    dan pembeli. Tetapi semakin besar daya beli konsumen, semakin besar pula
    kemungkinan bagi penjual untuk menentukan tingkat harga yang lebih tinggi
    pula.
  2. Mempertahankan atau memperbaiki market share
    Memperbaiki market share hanya mungkin dilaksanan bila kemampuan dan
    kapasitas produksi perusahaan masih cukup longgar, disamping itu juga
    kemampuan dibidang lain seperti bidang pemasaran, keuangan, dan
    sebagainya. Didalam hal ini harga merupakan faktu yang penting. Bagi
    perusahaan kecil yang mempunyai kemampuan terbatas, biasanya penetuan
    harga ditunjukan untuk sekedar mempertahankan market share.
  3. Mendapatkan pengembalian investasi sesuai target
    Harga yang dapat dicapai oleh suatu perusahaan dalam penjualan
    dimaksudkan untuk menutup investasi secara berangsur – angsur. Dana yang
    akan dipakai untuk mengembalikan investasi hanya didapatkan dari laba
    perusahaan. Sedangkan laba dapat diperoleh jika harga jual lebih besar dari
    jumlah biaya seluruhnya.
  4. Mencegah atau mengurangi persaingan
    Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi persaingan harga dengan cara
    kebijakan harga. Hal ini dapat dilakukan dengan cara penjual menjual barang
    mereka dengan harga yang sama dengan penjual yang lainnya.

Tidak ada komentar: