Menutur Prabowo (2015), persepsi harga mimiliki beberapa tujuan, yaitu:
- Mendapatkan laba maksimum
Dalam penjualan produk, terjadinya harga memang ditentukan oleh penjualan
dan pembeli. Tetapi semakin besar daya beli konsumen, semakin besar pula
kemungkinan bagi penjual untuk menentukan tingkat harga yang lebih tinggi
pula. - Mempertahankan atau memperbaiki market share
Memperbaiki market share hanya mungkin dilaksanan bila kemampuan dan
kapasitas produksi perusahaan masih cukup longgar, disamping itu juga
kemampuan dibidang lain seperti bidang pemasaran, keuangan, dan
sebagainya. Didalam hal ini harga merupakan faktu yang penting. Bagi
perusahaan kecil yang mempunyai kemampuan terbatas, biasanya penetuan
harga ditunjukan untuk sekedar mempertahankan market share. - Mendapatkan pengembalian investasi sesuai target
Harga yang dapat dicapai oleh suatu perusahaan dalam penjualan
dimaksudkan untuk menutup investasi secara berangsur – angsur. Dana yang
akan dipakai untuk mengembalikan investasi hanya didapatkan dari laba
perusahaan. Sedangkan laba dapat diperoleh jika harga jual lebih besar dari
jumlah biaya seluruhnya. - Mencegah atau mengurangi persaingan
Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi persaingan harga dengan cara
kebijakan harga. Hal ini dapat dilakukan dengan cara penjual menjual barang
mereka dengan harga yang sama dengan penjual yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar