Minggu, 21 April 2024

Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Strategi meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan cara yang
untuk memperoleh pelanggan baru dengan menggabungkan berbagai cara.
Kepuasan pelanggan sendiri yaitu respon atau tanggapan yang diberikan para
konsumen setelah terpenuhinya kebutuhan mereka akan sebuah produk atau pun
jasa, sehingga para konsumen memperoleh rasa nyaman dan senang karena
harapannya telah terpenuhi. Redaksi Bisnis UKM, (2019) dalam
https://bisnisukm.com/str ategi-meningkatkan-kepuasan-pelanggan.html strategi
meningkatkan kepuasan pelanggan antara lain:

  1. Berikan produk yang berkualitas, serta bebas dari kerusakan ataupun
    kecacatan saat sampai di tangan pelanggan. Sebaiknya cek terlebih dahulu
    kualitas produk yang akan diberikan kepada pelanggan
  2. Berikan kualitas pelayanan yang ramah, ketepatan waktu penyampaian,
    serta menggunakan sistem yang mudah dipahami para pelanggan.
    Sehingga para pelanggan tidak merasa kesulitan dengan pelayanan yang
    diberikan, baik pelayanan langsung maupun pelayanan online
  3. Fokus pada kepentingan atau pencapaian kepuasan pelanggan, sehingga
    produk serta pelayaan yang diberikan dapat memenuhi harapan pelanggan
  4. Memperhatikan harga produk maupun biaya pelayanan yang sesuai
    dengan kondisi pasar saat ini, serta sesuaikan dengan nilai produk atau jasa
    yang ditawarkan. Karena pelanggan akan membandingkan antara biaya
    yang dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh dari satu produk
  5. Berikan jaminan keamanan dari produk maupun pelayanan yang
    diberikan, sehingga para pelanggan percaya dengan produk ataupun jasa
    yang ditawarkan dan akan terus menjadi pelanggan setia. Misalnya dengan
    mencantumka ijin dari badan POM bagi produk makanan dan obat.
    Setelah memiliki beberapa strategi yang dapat digunakan untuk
    meningkatkan kepuasan pelanggan
  6. Perlaukan pelanggan layaknya “Bos”. Hal tersebut dapat membuat
    pelanggan merasa puas. Bukankah tanpa adanya pelanggan maka bisnis
    tidak akan berjalan dengan baik. Maka memperlakukan pelanggan dengan
    sangat baik
  7. Komunikasi yang efektif. Komunikasi merupakan hal yang terpenting
    dalam segala hal apapun tak terkecuali bisnis. Tanpa adanya komunikasi
    yang baik dan efektif maka akan terjadi kesalah pahaman hingga membuat
    pelanggan merasa tidak puas
  8. Memberikan nilai lebih kepada pelanggan setia. Ketika anda ingin
    membangun konsep yang dipercaya konsumen maka berikan nilai plus
    kepada pelanggan dengan memberikn diskon khusus, hadiah dan juga
    pelayanan yang spesial
  9. Pelayanan yang maksimal perlu dilakukan demi menjaga hubungan yang
    baik. Maka berikan pelayanan yang bagus baik untuk pelanggan baru
    maupun lama. Tidak membedakan pelanggan kelas atas maupun bawah

Tidak ada komentar: