Strategi meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan cara yang
untuk memperoleh pelanggan baru dengan menggabungkan berbagai cara.
Kepuasan pelanggan sendiri yaitu respon atau tanggapan yang diberikan para
konsumen setelah terpenuhinya kebutuhan mereka akan sebuah produk atau pun
jasa, sehingga para konsumen memperoleh rasa nyaman dan senang karena
harapannya telah terpenuhi. Redaksi Bisnis UKM, (2019) dalam
https://bisnisukm.com/str ategi-meningkatkan-kepuasan-pelanggan.html strategi
meningkatkan kepuasan pelanggan antara lain:
- Berikan produk yang berkualitas, serta bebas dari kerusakan ataupun
kecacatan saat sampai di tangan pelanggan. Sebaiknya cek terlebih dahulu
kualitas produk yang akan diberikan kepada pelanggan - Berikan kualitas pelayanan yang ramah, ketepatan waktu penyampaian,
serta menggunakan sistem yang mudah dipahami para pelanggan.
Sehingga para pelanggan tidak merasa kesulitan dengan pelayanan yang
diberikan, baik pelayanan langsung maupun pelayanan online - Fokus pada kepentingan atau pencapaian kepuasan pelanggan, sehingga
produk serta pelayaan yang diberikan dapat memenuhi harapan pelanggan - Memperhatikan harga produk maupun biaya pelayanan yang sesuai
dengan kondisi pasar saat ini, serta sesuaikan dengan nilai produk atau jasa
yang ditawarkan. Karena pelanggan akan membandingkan antara biaya
yang dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh dari satu produk - Berikan jaminan keamanan dari produk maupun pelayanan yang
diberikan, sehingga para pelanggan percaya dengan produk ataupun jasa
yang ditawarkan dan akan terus menjadi pelanggan setia. Misalnya dengan
mencantumka ijin dari badan POM bagi produk makanan dan obat.
Setelah memiliki beberapa strategi yang dapat digunakan untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan - Perlaukan pelanggan layaknya “Bos”. Hal tersebut dapat membuat
pelanggan merasa puas. Bukankah tanpa adanya pelanggan maka bisnis
tidak akan berjalan dengan baik. Maka memperlakukan pelanggan dengan
sangat baik - Komunikasi yang efektif. Komunikasi merupakan hal yang terpenting
dalam segala hal apapun tak terkecuali bisnis. Tanpa adanya komunikasi
yang baik dan efektif maka akan terjadi kesalah pahaman hingga membuat
pelanggan merasa tidak puas - Memberikan nilai lebih kepada pelanggan setia. Ketika anda ingin
membangun konsep yang dipercaya konsumen maka berikan nilai plus
kepada pelanggan dengan memberikn diskon khusus, hadiah dan juga
pelayanan yang spesial - Pelayanan yang maksimal perlu dilakukan demi menjaga hubungan yang
baik. Maka berikan pelayanan yang bagus baik untuk pelanggan baru
maupun lama. Tidak membedakan pelanggan kelas atas maupun bawah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar