Sabtu, 20 April 2024

Pemasaran


Pemasaran merupakan salah satu faktor yang terpenting untuk mamajukan
jalannya suatu perusahaan. Prestasi di bidang pemasaran dapat menentukan
kesuksesan perusahaan. Pemasaran merupakan proses mempelajari kebutuhan dan
keinginan para konsumen mereka. Perkembangan konsep pemasaran itu sendiri tidak
terlepas dari tujuan untuk memuaskan kepuasan konsumen. Tujuan pemasaran salah
satunya adalah menganalisa, mengevaluasi, menarik konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah ada sedemikian rupa hingga produk yang
dipasarkan dapat terjual dengan sendirinya.
Menurut Melydrum dalam Sudaryono (2016) menyatakan bahwa pemasaran
adalah proses bisnin yang berusaha menyelaraskan antara sumber daya manusia,
finansial dan fisik organisasi dengen kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Jadi
itu semua dapat disimpulkan sebagai pemasaran.
Menurut Alma (2013) menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses
perencanaan dan pelaksanaan konsepsi penentuan harga, promosi dan pendistribusian
barang, jasa dan ide yang dapat memuaskan pelanggan dan tujuan perusahaan.
Pemasaran menurut Kotler dan Amstrong (2012) pemasaran adalah proses
dimana suatu perusahaan menciptakan nilai bagi para pelanggan dan membangun
hubungan dengan pelanggan yang kuat untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai
imbalannya.
Menurut Stanton, William (2013), pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan
bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendirtribusikan produk yang dapat memuasakan keinginan dalam mencapai tujuan
perusahaan.

Tidak ada komentar: