Indikator minta beli menurut Kotler dan Keller (2012) bahwa melalui model
stimuli AIDA yaitu sebagai berikut:
- Perhatian (attention), minat beli seseorang diawali dengan tahap perhatian
terhadap suatu produk, setelah mendengar atau melihat produk yang
dipromosikan oleh perusahaan. - Minat (interest), setelah mendapatkan informasi mengenai produk yang
dipromosikan oleh perusahaan, maka timbul minat konsumen terhadap produk
tersebut. Jika konsumen terkesan dengan stimuli yang diberikan oleh
perusahaan, maka pada tahap ini akan timbul rasa ketertarikan terhadap
produk yang ditawarkan. - Keinginan (desire), setelah konsumen mendalami tentang kelebihan dari
produk, maka pada tahap ini konsumen akan memiliki keinginan dan hasrat
untuk membeli produk tersebut. - Tindakan (action), pada tahap ini konsumen sudah melewati beberapa tahap
yaitu mulai dari melihat dan mendengar suatu produk yang dipromosikan,
sehingga timbul perhatian, ketertarikan dan minat terhadap produk. Jika
adanya keinginan dan hasrat yang kuat, maka akan mengambil keputusan
untuk membeli produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar