Sabtu, 20 April 2024

Indikator Minat Beli


Indikator minta beli menurut Kotler dan Keller (2012) bahwa melalui model
stimuli AIDA yaitu sebagai berikut:

  1. Perhatian (attention), minat beli seseorang diawali dengan tahap perhatian
    terhadap suatu produk, setelah mendengar atau melihat produk yang
    dipromosikan oleh perusahaan.
  2. Minat (interest), setelah mendapatkan informasi mengenai produk yang
    dipromosikan oleh perusahaan, maka timbul minat konsumen terhadap produk
    tersebut. Jika konsumen terkesan dengan stimuli yang diberikan oleh
    perusahaan, maka pada tahap ini akan timbul rasa ketertarikan terhadap
    produk yang ditawarkan.
  3. Keinginan (desire), setelah konsumen mendalami tentang kelebihan dari
    produk, maka pada tahap ini konsumen akan memiliki keinginan dan hasrat
    untuk membeli produk tersebut.
  4. Tindakan (action), pada tahap ini konsumen sudah melewati beberapa tahap
    yaitu mulai dari melihat dan mendengar suatu produk yang dipromosikan,
    sehingga timbul perhatian, ketertarikan dan minat terhadap produk. Jika
    adanya keinginan dan hasrat yang kuat, maka akan mengambil keputusan
    untuk membeli produk tersebut.

Tidak ada komentar: