Menurut Shimp (2014:470) mengatakan lima atribut khusus
endorser dijelaskan dengan akronim TEARS, dimana TEARS
terserbut terdiri dari:
a. Truthworthiness (dapat dipercaya) Mengacu pada kejujuran,
integritas dan kepercayaan diri dari seorang sumber pesan.
b. Expertise (keahlian) Mengacu pada pengetahuan, pengalaman
atau keahlian yang dimiliki oleh seorang endorser yang
dihubungkan dengan merek yang didukung seorang endorser
yang diterima sebagai seorang yang ahli pada merek yang
didukungnya akan lebih persuasif dalam menarik audience
daripada seorang endorser yang tidak diterima sebagai seorang
yang ahli.
c. Attractiveness (daya tarik fisik) Mengacu pada diri yang dianggap
sebagai hal yang menarik untuk dilihat dalam kaitannya dengan
konsep kelompok tertentu dengan daya tarik fisik.
d. Respect (kualitas dihargai) Kualitas yang dihargai atau digemari
sebagai akibat dari kualitas pencapaian personal.
e. Similarity (kesamaan dengan audience yang dituju) Mengacu
pada kesamaan antara endorser dan audience dalam hal umur,
jenis kelamin, etnis, status sosial, dan sebagainya.
Menurut Royan (2004:14), indikator celebrity endorser terdiri
dari 4 unsur:
a. Visibility
Visibility memiliki dimensi seberapa jauh popularitas selebriti
b. Attraction
Attraction lebih menitik beratkan pada daya tarik sang bintang
c. Power
Power adalah kemampuan selebriti dalam menarik konsumen
Sabtu, 12 November 2022
Indikator Celebrity Endorser (skripsi, tesis, disertasi)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar