Thomas dan Velthouse (1990) dalam Kazlauskaite, et al. (2011) menunjukkan
bahwa pemberdayaan psikologis dapat dikelompokkan ke dalam empat dimensi,
yaitu:
1. Pengaruh
2. Kompetensi
3. Keberartian
4. Pilihan Spreitzer (1995), dan Spreitzer, et al. (1997) dalam Singh, et al. (2013)
merumuskan empat dimensi penting yang membentuk konstruksi pemberdayaan
psikologis yaitu:
1. Makna pekerjaan (meaning)
Mencerminkan nilai yang dimiliki suatu tugas sehubungan dengan sistem
kepercayaan seseorang.
2. Kompetensi (competence)
Kompetensi mengukur sejauh mana seseorang mampu melakukan tugas dengan
sukses dengan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki.
3. Determinasi diri (self-determination)
Mengukur jumlah otonomi atau kontrol seseorang atas tugas atau perilakunya . 4. Pengaruh (impact)
Memperkirakan sejauh mana seseorang yakin bahwa ia dapat membuat perbedaan
dalam hasil kerja organisasi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini terkait variabel pemberdayaan
psikologis, yaitu teori yang dikemukakan oleh Spreitzer (1995), dan Spreitzer, et
al. (1997) dalam Singh, et al. (2013).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar