Menurut Rivai
(2004) kinerja merupakan perilaku yang nyata yang ditampilkan setiap orang
sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan perannya
dalam perusahaan. Menurut Simamora (2006) kinerja karyawan mengacu kepada kadar
pencapaian tugas-tugas yang membentuk sebuah pekerjaan karyawan. Kinerja
merefleksikan seberapa baik karyawan memenuhi persyaratan sebuah pekerjaan.
Menurut Mathis dan Jackson (2011) kinerja pada
dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh karyawan.
Sedangkan Handoko (2002) mengistilahkan kinerja (performance) dengan prestasi
kerja yaitu proses melalui mana organisasi mengevaluasi atau menilai prestasi
kerja karyawan. Menurut Winardi (1992)
kinerja merupakan konsep yang bersifat universal yang merupakan efektivitas
operasional suatu organisasi, bagian organisasi dan bagian karyawannya berdasar
standar dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, karena organisasi pada
dasarnya dijalankan oleh manusia, maka kinerja sesungguhnya merupakan perilaku
manusia dalam memainkan peran yang mereka lakukan dalam suatu organisasi untuk
memenuhi standar perilaku yang telah ditetapkan agar membuahkan tindakan dan
hasil yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar