Sabtu, 30 Maret 2019

Konsep Analisis Statistik Mulivariat (skripsi dan tesis)

Menurut Widarjono (2010:1) analisis multivariat merupakan salah satu analisis statistik yang berkaitan dengan banyak variabel. Analisis statistik bisa dikelompokkan berdasarkan jumlah variable, yaitu : univariate, bivariate dan multivariate. 
1. Analisis Univariate 
Kata univariate terbentuk dari kata uni (satu) dan variate (variable), sehingga analisis univariat adalah analisis satu variabel. Contoh analisis univariat adalah pengukuran rata-rata (mean), standar deviasi dan varian sebagai ukuran pusat dari sekelompok data. Jadi analisis univariate lebih bersifat analisis tunggal terhadap satu variabel. Menurut Supranto (2010:7) kalau nasabah suatu bank ditanya tentang jumlah tabungannya, penghasilan per bulan, umur, tingkat pendidikan dan jumlah anggota keluarga maka diperoleh lima variabel yang berdiri sendiri dan tidak dikaitkan dengan variabel lain. Jadi analisis disebut univariat jika setiap variabel berdiri sendiri tidak terkait dengan variabel lain. Analisis terhadap variabel tunggal ini disebut univariate. Dengan demikian analisis univariat boleh saja dikatakan sebagai analisis statistik deskriptif. Dalam statistika dikenal istilah statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif berfungsi mendeskripsikan karakteristik dari sekelompok hasil data penelitian terhadap variabel tunggal. Sedangkan statistik inferensial berusaha menyimpulkan fenomena atau hubungan-hubungan antara lebih dari satu variabel pada sebuah persamaan statistik. 
2. Analisis Bivariat
Kata bivariate berasal dari kata bi (dua) dan variate (variable), sehingga analisis bivariate berkaitan dengan dua variabel. Misalnya analisis korelasi yang mencari keeratan hubungan antara dua variable exogen dan endogen. Menurut Sunyoto (2007:31) pengukuran korelasi bivariat dapat dibedakan menjadi pengukuran secara linear (termasuk parsial) dan secara berganda (multiple). Yang dimaksud dengan pengukuran korelasi linear adalah pengukuran atau perhitungan korelasi yang hanya melibatkan satu variable bebas (independent atau X) dan satu variable terikat (dependent atau Y). Sedangkan pengukuran korelasi berganda adalah perhitungan korelasi dengan melibatkan lebih dari satu variabel independent (bebas) dengan satu variabel dependent (terikat). Analisis multivariate berasal kata multi (banyak) dan variate (variable), sehingga analisis multivariate adalah analisis terhadap banyak variable yang merupakan pengembangan dari analisis univariate dan bivariate. 
3. Analisis multivariate
Analisis multivariate memiliki lebih dari dua variabel. Supranto (2010:18) mengilustrasikan analisis multivariate dengan adanya masalah atau gap yang disebabkan oleh tidak adanya kesesuaian antara harapan (expected) dan kenyataan (observed). Setiap masalah pasti ada BAB II 18 Analisis Multivariat faktor-faktor penyebab (pada umumnya lebih dari satu penyebab). Kalau masalah kita sebut variabel dependen (Y) dan faktor penyebab kita sebut variabel bebas (X) maka masalah (Y) adalah fungsi dari X1, X2, X3….… Xn. Fenomena ini disebut fenomena multivariate. Dengan demikian, analisis multivariate ini merujuk kepada teknik statistik tertentu yang menganalisis banyak variabel secara simultan. Contoh analisis multivariat adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang akhir-akhir ini berkembang pesat

Tidak ada komentar: