Ada tiga faktor yang mempengaruhi timbulnya minat. Menurut Crow dalam
Siti Nurmala (2012), minat timbul berasal dari faktor diri sendiri maupun dari
lingkungan masyarakat. Faktor tersebut yaitu:
1) Faktor dalam diri, dorongan rasa ingin tahu dapat membangkitkan minat untuk
membaca, belajar dan mencari informasi dan lain-lain atau dorongan untuk
menghasilkan suatu yang berbeda
2) Faktor motif sosial, yaitu minat dalam upaya mengembangkan diri dalam
menuntut ilmu yang diilhami akan mendapat penghargaan dari keluarga maupun
teman.
3) Faktor emosional (perasaan), minat mempunyai hubungan yang erat dengan
emosi atau perasaan. Bila seseorang mendapat kesuskesan pada aktivitas yang
dilakukannya, maka akan timbul rasa senang dan hal tersebut akan memperkuat
rasa minat terhadap aktivitas tersebut.
Minat seseorang terhadap produk sesuai dengan persepsi yang dimilikinya
terhadap suatu produk. Persepsi setiap orang terhadap suatu objek akan berbeda-
beda. Oleh karena itu, persepsi memiliki sifat subjektif. Persepsi yang dibentuk oleh
seseorang dipengaruhi oleh pikiran dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, persepsi
secara substansial bisa sangat berbeda dengan realitas (Setiadi, 2015). Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi minat, yaitu (Wulandari, 2018):
1) Perbedaan pekerjaan artinya dengan adanya perbedaan pekerjaan seseorang
dapat memperkirakan minat terhadap tingkat pekerjaan yang ingin dicapainya,
aktivitas yang dilakukan, penggunaan waktu senggangnya, dan lain-lain.
2) Perbedaan sosial ekonomi artinya seseorang mempunyai sosial ekonomi tinggi
akan lebih mudah mencapai apa yang diinginkannya daripada yang mempunyai
sosial ekonomi rendah.
3) Perbedaan hobi/kegemaran artinya bagaimana seseorang menggunakan waktu
senggangnya.
4) Perbedaan jenis kelamin artinya minat wanita dengan pria akan berbeda,
misalnya pada pola berbelanja.
5) Perbedaan usia, artinya setiap usia memiliki minat yang berbeda terhadap suatu
barang atau aktivitas lainnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar