Sabtu, 31 Agustus 2024

Teori Asimetri Informasi


Teori asimetri menyatakan bahwa pihak-pihak yang berkaitan dengan
perusahaan tidak mempunyai informasi yang sama mengenai prospek dan resiko
perusahaan. Pihak tertentu mempunyai informasi yang lebih baik dibandingkan
dengan pihak lainnya. Manajer biasanya mempunyai informasi yang lebih baik
dibandingkan dengan pihak luar (investor) karena itu bisa dikatakan terjadi asimetri
informasi antara manajer dengan investor.
Menurut Scott (2009), ada dua macam asimetri informasi:

  1. Adverse Selection
    Adverse Selection terjadi karena beberapa orang, seperti manajer perusahaan
    dan bagian dalam lainnya, akan mengetahui lebih banyak tentang kondisi saat
    ini dan prospek masa depan perusahaan daripada investor luar. Ada berbagai
    cara dimana manajer dan orang dalam lainnya dapat mengeksploitasi
    keunggulan informasi mereka dengan mengorbankan orang luar, misalnya,
    dengan mengelola informasi yang bias yang akan dirilis kepada investor. Ini
    dapat memengaruhi kemampuan investor untuk membuat keputusan investasi
    yang baik. Selain itu, jika investor khawatir tentang kemungkinan adanya
    informasi yang bias, mereka akan waspada membeli sekuritas perusahaan,
    dengan hasil bahwa modal dan manajerial pasar tenaga kerja tidak akan
    berfungsi sebagaimana mestinya. Kita kemudian dapat menganggap akuntansi
    dan pelaporan keuangan sebagai mekanisme untuk mengendalikan masalah
    seleksi yang merugikan dengan mengubah informasi orang dalam menjadi
    informasi orang luar. “Adverse selection is a type of information asymmetry
    whereby one or more parties to a business transaction, or potential transaction,
    have an information advantage over other parties” (Scoot, 2009:8).
  2. Moral Hazard
    Tipe kedua dari asimetri informasi adalah moral hazard. Masalah ini terjadi
    karena pemisahan kepemilikan dan kontrol yang menjadi ciri sebagian besar
    entitas bisnis besar.
    Secara efektif mustahil bagi pemegang saham dan kreditor untuk mengamati
    secara langsung sejauh mana kualitas dan upaya manajer puncak atas nama
    mereka. Kemudian, manajer mungkin tergoda untuk melalaikan usaha,
    menyalahkan setiap kemunduran kinerja perusahaan pada faktor-faktor di luar
    kendalinya. Jelas, jika ini terjadi, ada implikasi serius bagi investor dan bagi
    operasi ekonomi yang efisien.
    Kita kemudian dapat melihat laba bersih akuntansi sebagai ukuran kinerja
    manajerial. Ini membantu untuk mengendalikan masalah moral hazard dengan
    dua cara yang saling melengkapi. Pertama, laba bersih dapat berfungsi sebagai
    input ke dalam kontrak kompensasi eksekutif untuk memotivasi kinerja
    manajer. Kedua, penghasilan bersih dapat menginformasikan pasar tenaga kerja
    sekuritas dan manajerial, sehingga manajer yang lalai akan mengalami
    penurunan pendapatan, reputasi, dan nilai pasar dari waktu ke waktu.
    Scoot (2009:8) menyatakan bahwa “Moral hazard is a type of information
    asymmetry whereby one or more parties to a business transaction, or potential
    transaction, can observe their actions in fulfillment of the transaction but other
    parties cannot.

Tidak ada komentar: