Sabtu, 20 April 2024

Promosi


Suatu perusahaan tidak hanya menghasilkan produk dan jasa, menentukan
harga dan menjual produk dan jasa. Tetapi masih banyak kegiatan yang saling
berkaitan satu dengan yang lainnya. Salah satu kegiatan itu adalah promosi. Promosi
merupakan salah satu variabel didalam bauran pemasaran (marketing mix) yang
sangat penting untuk perusahaan dalam menjalankan pemasaran produknya.
Promosi menurut A. Hamdani dalan Sunyoto (2012) promosi adalah salah satu
variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh suatu
perusahaan dalam memasarkan produk. Kegiatan promosi bukan hanya berfungsi
untuk sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen semata, tetapi
promosi juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian
maupun penggunaan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kainginannya.
Sedangkan menurut Daryanto (2011) pengertian promosi adalah kegiatan
terakhir dari marketing mix yang sangat penting karena kebanyakan pasar pembeli
dimana keputusan terakhir terjadinya transaksi jual beli sangat dipengaruhi oleh
konsumen.
Menurut Kotler dan Amstrong (2012) “Promotion means activities that
communicate the merits of the product and persuade target customer to buy it”,
artinya promosi merupakan kegiatan yang mengkomunikasikan manfaat dari sebuah
produk dan membujuk target konsumen untuk memebeli produk tersebut.

Tidak ada komentar: