Sabtu, 27 September 2014

Metode Penelitian; Pengambilan Sampel Acak Bertahap

 Cara ini merupakan salah satu model pengambilan sampel secara acak yang pelaksanaannya dilakukan dengan membagi populasi menjadi beberapa fraksi dan kemudian diambil sampelnya. Sampel fraksi yang dihasilkan dibagi lagi menjadi fraksi-fraksi yang lebih kecil dan kemudian diambil sampelnya. Pembagian menjadi fraksi ini dilakukan terus sampai pada unit sampel yang diinginkan. Unit sampel pertama disebut Primary Sampling Unit (PSU). PUS dapat berupa PSU besar atau PSU kecil. Pengambilan sampel acak bertingkat ini bisanya digunakan bila kita ingin mengambil sampel dengan jumlah yang tidak banyak pada populasi yang besar.
Keuntungan
 Pengambilan sampel acak bertahap dengan PSU besar akan diperoleh keuntungan sebagai berikut;
1.      Varian relative kecil untuk biaya setiap unit
2.      Control terhadap kesalahan tidak sampling menjadi lebih baik
3.      Penelitian ulang membutuhkan biaya yang relatif kecil
4.      Control terhadap liputan penelitian lebih mudah dilakukan
Pengambulan sampel dengan PSU kecil mempunyai ketepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan PSU besar karena populasi dibagi menjadi fraksi-fraksi kecil yang banyak jumlahnya sehingga pengambilan sampel dapat dilakukan merata pada seluruh populasi
Kerugian
Pada PSU besar, penggambaran terhadap pouplasi kurang baik sedangkan dengan PSU kecil hanya dapat dilakukan bila individu dalam populasi tidak tersebar dan transportasi mudah.
(Budiarto, 2003) 

Tidak ada komentar: