Menurut
Sutrisno (1984 :34), unsur-unsur yang terdapat dalam kedisiplinan pada individu
dalam kaitannya melakukan aktivitas adalah sebagai berikut :
a.
Pengetahuan tentang pekerjaan yang harus
dilaksanakan
b.
Kesadaran bahwa individu adalah sebagai
orang yang dipercaya untuk melaksanakan tugas dan kewajiaban sehingga mempunyai
rasa tanggung jawab.
c.
Ketaatan atau kepatuhan terhadap segala
peraturan atau ketentuan yang berlaku
d.
Ketertiban didalam melaksanakan segala
apa yang dikerjakan sehingga dapat dihindari penyimpangan-penyimpangan yang
mungkin terjadi
e.
Inisiatif yang menunjang apa yang harus
dilakukan sehingga dapat dihindari penyimpangan-penyimpangan yang mungkin
terjadi
f.
Inisiatif yang menunjang kelancaran
pelaksananaan tugas sehingga tidak melakukan seperti halnya melakukan dengan
pola-pola yang itu-itu saja
g.
Rasa senang hati, tidak dipaksa auatu
terpaksa
h.
Dilakukan sanksi dengan sungguh-sungguh
Menurut
Sukardi (2005 : 10) aspek penting yang
berkaitan dengan disiplin siswa yaitu : tempat, waktu dan aturan – aturan.
Seorang siswa dapat dikatakan disiplin apabila :
a. Segala
perilakunya disesuaikan dengan tempatnya
b. Segala
pekerjaannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dan segala perbuatannya
disesuiakan dengan aturan yang berlaku.
Selanjutnya,
Gunarsa ( 1992 : 143) mengemukakan aspek-aspek kedisiplinan sebagai berikut :
a) pembagian waktu, b) menepati janji, c) pemanfaatan waktu, d) mematuhi
peraturan yang berlaku.
a.
Pembagian waktu
Pembagian
waktu merupakan suatu cara bagaimana siswa membuat rencana jadwal belajar.
Untuk membagian waktu ini harus dipertimbangkan dengan baik, karena ini akan
berpengaruh dalam kegiatan siswa. Ketrampilan siswa dalam membagi waktu
merupakan suatu hal yang sangat penting dalam masa studi maupun masa seluruh
kegiatan siswa. Bagi setiap siswa ketrampilan mengelola waktu harus
dikembangkan, dimahirkan, dan diterapkan.
b.
Menepati jadwal
Menepati
jawdwal merupakan pelaksanaan dari jadwal kegiatan yang harus di usahakan dan
dipatuhi karena akan berhubungan dengan hasil yang akan didapat. Utuk
mendapatkan hasil yang lebih baik maka perlu dipatuhi, namun bila jadwal itu
telah dibuat tetapi tidak dipenuhi maka efisiensi hasil tidak akn terwujud.
c.
Pemanfaatan waktu
Pemanfaatan
waktu merupakan cara bagaimana seorang siswa menggunakan waktunya dengan baik.
d.
Mematuhi aturan yang berlaku
Mematuhi
aturan-aturan yang berlaku merupakan wujudkedisiplinan di sekolah, seperti
kedisiplinan dalam ujian, dan kedisiplinan tata tertib kelas dan sekolah.
Bertitik
tolak dari delapan unsur pokok disiplin tersebut, dapat ditentukan unsur-unsur
disiplin dalam malaksanakan tata tertib disekolah meliputi :
a. Pengetahuan
b. Kepatuhan
c. Keterlibatan
dalam melaksanakan tugas
d. Inisiatif
dalam mengerjakan tugas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar