Pengetahuan
atau kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan
seseorang. Menurut Notoatmodjo (2007), Pengetahuan yang mencakup dalam domain
kognitif mempunyai enam tingkatan, yaitu :
1) Tahu
(know)
Merupakan
tingkat pengetahuan paling rendah. “tahu” diartikan sebagai mengingat suatu
materi yang telah dipelajari sebelumnya. Yang termasuk kedalam pengetahuan
tingkat ini adalh mengingat kembali (recall)
terhadap sesuatu yang spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau
rangsangan yang telah diterima, contohnya menyebutkan makanan apa saja yang
harus dihindari oleh penderita Diabetes Mellitus.
2) Memahami
(Comprehension)
Memahami
diartikan sebagai kemampuan untuk menjelaskan secara benar tentang obyek yang
diketahui dan dapat menginterpretasikan materi tersebut secara benar. Orang
yang telah paham terhadap obyek yang dipelajari, contohnya dapat menjelaskan
mengapa harus meninggalkan makanan yang mengandung karbohidrat.
3) Aplikasi
(Aplication)
Aplikasi
diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada
situasi atau kondisi sebenarnya. Aplikasi ini dapat diartikan sebagai aplikasi
atau pengguna hukum-hukum, rumus, metode, prinsip dan sebagainya dalam konteks
atau situasi lain.
4) Analisis
(Analysis)
Analisis adalah suatu kemampuan untuk menjabarkan
materi atau suatu objek kedalam komponen-komponen, tetapi masih dalam satu
struktur organisasi dan masih ada kaitannya satu sama lain.
5) Sintesis
(Syntesis)
Sintesis
menunjuk kepada suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan
bagian-bagian dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru, dengan kata lain
sintesis adalah suatu kemampuan untuk menyusun formulasi yang ada.
6) Evaluasi
(Evaluation)
Evaluasi ini berkaitan dengan
kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atau
objek. Penilaian-penilaian ini didasarkan pada suatu criteria yang ditentukan
sendiri atau menggunakan criteria-kriteria yang telah ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar