Jumat, 26 September 2014

Konsultasi Skripsi; Tingkat KOnsep Diri

Konsep diri menurut Calhoun dan Acocella (1995) jenisnya ada 2 yaitu konsep diri negatif dan konsep diri positif.
a.    Konsep diri negatif
Muncul karena pandangan seseorang tentang dirinya sendiri benar-benar tidak teratur. Dia tidak tahu apa kekuatan dan kelemahannya/ apa yang dia hargai dalam hidupnya dan juga konsep diri yang terlalu teratur dengan kata lain kaku. Hal ini terjadi mungkin karena dididik dengan sangat keras sehingga individu tersebut menciptakan citra diri yang tidak mengijinkan adanya penyimpangan dari hukum yang keras dan kaku yang dalam pikirannya merupakan cara hidup yang tepat. Dalam kaitannya dengan penilaian diri, konsep diri yang negatif merupakan penilaian negatif terhadap diri sendiri. Apapun yang diperoleh tampaknya tidak berharga dibandingkan dengan apa yang diperoleh orang lain. Jadi ciri konsep diri yang negatif adalah pengetahuan yang tidak tepat tentang diri sendiri, harapan yang tidak realistis dan harga diri yang rendah.
Ciri orang yang memiliki konsep diri negatif adalah:
a)    Individu mudah untuk marah dan naik pitam serta tahan terhadap kritikan yang diterimanya.
b)   Individu responsif sekali terhadap pujian yang diberikan oleh orang lain pada dirinya.
c)     Individu tidak pandai dan tidak sanggup untuk mengungkapkan penghargaan/ pengakuan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.
d)   Individu cenderung merasa tidak disenangi olah orang lain.
e)    Individu bersikap pesimis terhadap kompetisi, keengganannya untuk bersaing dengan orang lain dalam membuat prestasi (Rahmat. J, 1996).
b.      Konsep diri positif
Orang dengan konsep diri positif dapat memahami dan menerima sejumlah fakta yang sangat bermacam-macam tentang dirinya sendiri. Konsep diri positif cukup luas untuk menampung seluruh pengalaman seseorang, maka penilaian tentang dirinya sendiri secara apa adanya. Hal ini tidak berarti bahwa dia tidak pernah kecewa terhadap dirinya sendiri. Dengan menerima dirinya sendiri, dia juga dapat menerima orang lain. Orang dengan konsep diri positif akan mempunyai harapan dan merancang tujuan-tujuan yang sesuai dengan dirinya dan realistis. Artinya memiliki kemungkinan besar untuk dapat mencapai tujuan tersebut.
Ciri-ciri orang yang memiliki konsep diri positif adalah:
a)   Dapat menerima dan mengenal dirinya dengan baik.
b)   Dapat menyimpan informasi tentang dirinya sendiri baik itu informasi yang positif maupun yang negatif. Jadi mereka dapat memahami dan menerima fakta yang bermacam-macam tentang dirinya.
c)   Dapat menyerap pengalaman masalahnya.
d)  Apabila mereka memiliki pengharapan selalu merancang tujuan-tujuan yang sesuai dan realistis.
e)   Selalu memiliki ide yang diberikannya pada kehidupannya dan bagaimana seharusnya dirinya mendekati dunia.
f)    Individu meyadari bahwa tiap orang memiliki perasaan, keingimana dan perilaku yang tidak seharusnya disetujui oleh masyarakat (Calhoun, 1995)

Tidak ada komentar: